Berita

Sedati, Sidoarjo – (09/10/2024) Telah menjadi bagian dari agenda wajib tahunan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (LPM UINSA), Penyamaan Persepsi Auditor jelang Audit Mutu Internal (AMI) sukses digelar pada bulan Oktober tahun ini. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat sistem penjaminan mutu internal universitas ini dilaksanakan di GreenSA Inn Sidoarjo dari tanggal 8 hingga 9 Oktober 2024. Tahun ini, AMI UINSA berfokus pada dua bahasan yakni, audit mutu kinerja tahun 2024 dan siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP).

Selama dua hari berturut-turut, penyamaan persepsi auditor AMI UINSA 2024 yang diselenggarakan turut melibatkan para auditor AMI yang terdiri atas LPM, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan dari seluruh fakultas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Satuan Pemeriksa Intern (SPI), serta ketua dan sekretaris jurusan. Sementara itu, perwakilan FPK dihadiri oleh Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan II, Nova Lusiana, M. Keb. selaku Ketua Jurusan Psikologi dan Gizi, serta Esti Novi Andriyani, M. Kes. selaku Sekretaris Jurusan Psikologi dan Gizi.

Pada hari pertama kegiatan diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag. selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan. Dalam pembukaannya, Prof. Wiwik menekankan pentingnya AMI untuk menjaga kualitas perguruan tinggi. Sesi berikutnya, diisi dengan materi dari Solichin A. Darmawan, Principal Auditor International Register of Certified Auditors United Kingdom (IRCA UK). Dalam sesi kedua ini, beliau memaparkan tentang peran audit internal dalam membangun budaya mutu khususnya di perguruan tinggi.

Selanjutnya, diberlakukan pembagian tugas auditor ke berbagai unit seperti rektorat, fakultas, lembaga, hingga Unit Pelaksana Teknis (UPT). Dibahas pula kertas kerja yang akan digunakan dalam penilaian kinerja akademik, serta diskusi mengenai tahapan-tahapan AMI untuk tahun 2024. Pembahasan ini berlanjut dengan terperinci hingga pada metode audit yang akan diterapkan pada AMI tahun ini.

Di hari kedua, kegiatan Penyamaan Persepsi Auditor jelang AMI UINSA 2024, difokuskan pada pembahasan lebih lanjut mengenai kertas kerja audit kinerja akademik. Para peserta kemudian diarahkan untuk mengikuti simulasi pelaksanaan AMI melalui sistem E-audit untuk memastikan kesiapan dari para auditor. Rangkaian acara yang berlangsung selama dua hari ini diakhiri dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai panduan pelaksanaan audit.

Dengan selesai terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan bahwa seluruh peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas audit di masing-masing unit.
Melalui kolaborasi yang solid dan komitmen terhadap budaya mutu, UINSA dapat terus memperkuat sistem penjaminan mutu internalnya, sehingga dapat mewujudkan visi dan misi universitas dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: Najwa Laska Halqi