Berita

Psikologi dan Kesehatan

Thursday, 21 July 2022

Jalin Kerjasama BBTKLPP Kemenkes Surabaya, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Kembangkan Buku Perilaku Sehat Santri

Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Fakultas Psikologi dan Kesehatan Kampus Gunung Anyar Surabaya pada hari Rabu 20 Juli 2022. Kunjungan ini dipimpin oleh bapak Dr . Yudied Agung Mirasa, SKM, M.Kes. dan disambut oleh jajaran manajemen fakultas psikologi yang dalam hal ini diwakili oleh Dekan beserta Kepala Bagian Tata Usaha FPK dan para dosen dari rumpun bidang keilmuan Kesehatan. Pertemuan dilakukan di ruang rapat lantai 1 Fakultas Psikologi dan Kesehatan di Kampus UINSA Gunung Anyar Surabaya.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan yang telah dilakukan beberapa minggu sebelumnya. Dalam kesempatan ini bapak Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. selaku dekan FPK menyambut inisiatif dari kedua belah pihak untuk melakukan penjajakan Kerjasama yang kali ini bertujuan untuk menyusun buku panduan perilaku sehat santri di pesantren. Buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan dari luaran pengabdian kepada masyarakat dosen FPK yang menggandeng lembaga lain mengingat saat ini masih belum banyak pedoman perilaku sehat yang dibuat khusus untuk pesantren. Selain sebagai wujud pengembangan kelembagaan dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama ini juga bertujuan mengimplementasikan visi integrasi Kesehatan dan keislaman yang menjadi platform dari universitas dimana salah satunya implementasi praktisnya adalah penerapan ilmu Kesehatan dalam komunitas pesantren.

Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam ini, juga dibahas rencana tindak lanjut diseminasi buku panduan perilaku sehat tersebut dengan melakukan Kerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini bidang Pendidikan diniyah dan Pondok Pesantren. Bapak Markus, M.Pd selaku Kabag TU FPK yang juga turut hadir dalam kegiatan ini menyatan kesiapannya memfasilitasi terwujudunya Kerjasama dengan Kanwil Kemenag Jatim agar buku yang telah disusun dapat dipakai secara luas. Dengan sumber daya yang dimiliki UIN Sunan Ampel Surabaya serta keberhasilan pada beberapa tahun sebelumnya dalam menyusun Buku Panduan Santri di Era Pandemi COVID-19, manajemen FPK khususnya dekan dan BBTKLPP optimis bahwa hal-hal yang telah direncanakan dalam kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.