Berita

Pada 7 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) se-Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) telah menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua dengan memberlangsungkan pemungutan suara melalui G-Form. Semua mahasiswa FUF ikut berpartisipasi dalam pemilihan tersebut. Sebulan sebelumnya, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) juga telah melangsungkan pemilihan ketua dan wakil ketua.

Pelantikan Raya organisasi mahasiswa FUF resmi dilaksanakan pada Selasa 19, Maret 2024. Acara tersebut diselenggarakan oleh panitia yang diketuai oleh Muhammad Daffa As-Syahwal dan bertempat di gedung auditorium UINSA. Acara berlangsung selama kurang lebih 4 jam, sejak pukul 13.00- 17.00 WIB.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pelantikan dan serah terima jabatan  organisasi mahasiswa dilaksanakan secara serentak. Prosesi ini diikuti oleh sebelas organisasi, meliputi:

  1. Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
  2. Senator Mahasiswa Fakultas
  3. HMP Studi Pemikiran Politik Islam
  4. HMP Aqidah Filsafat Islam
  5. HMP Studi Agama-Agama
  6. HMP Tasawuf dan Psikoterapi
  7. HMP Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  8. HMP Ilmu Hadis
  9. UKM Lembaga Pers Mahasiswa Forma
  10. UKM Musik Pualam
  11. UKM Teater 2-puluh

Pelantikan Organisasi Mahasiswa Ushuluddin dan Filsafat 2024-2025. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Acara pelantikan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta lantunan ayat suci Al-Quran, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana. Sebelum acara pelantikan berlangsung, para peserta diminta untuk mengikuti seminar leadership. Seminar kepemimpinan tersebut  dinarasumberi oleh Rahardian Satya Mandala Putra, mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga, dengan mengusung tema “Menangani Konflik Moral dalam Kepemimpinan: Pendekatan dan Strategi”.

Pelantikan raya organisasi mahasiswa dimulai dengan pembacaan sumpah jabatan. Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. yang dilanjutkan dengan pembacaan anggota badan pengurus harian dipimpin oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Andi Suwarko, M.Si. Terakhir, acara ditutup dengan serah terima jabatan pengurus lama dan pengurus baru dari masing masing Ormawa.

Muhammad Ibnu Athoillah selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas yang terpilih menjelaskan bahwa visi-misi pribadinya dalam kepengurusan kali ini adalah ingin membangun citra yang bagus terutama dalam bidang intelektual dan akademis di FUF. Seiring dengan hal itu, Prof. Abdul Kadir Riyadi Ph.D berharap agar seluruh jajaran pengurus organisasi fakultas yang dilantik dapat bekerja sama dan berkolaborasi dalam memajukan kepengurusan, serta membentuk citra yang baik bagi FUF.

Abdullah Dzaky, ketua demisioner Dewan Eksekutif Mahasiswa juga berpesan agar dalam kepengurusaan organisasi mahasiswa periode  2024-2025 bisa lebih membangun kolaborasi dan chemistry antar anggota dan lebih merangkul tiap-tiap anggotanya. “Karena kan kita namanya organisasi, jika tidak melakukan hal itu maka sulit untuk menjalankan roda organisasi,” ujarnya.

Karena acara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut diadakan dalam bulan Ramadhan, maka acara tersebut di akhiri dengan acara buka bersama oleh seluruh elemen organisasi mahasiswa yang hadir. (Sulthan Rake Anjaz – Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat)