Berita

International Workshop, seminar kali ini yang diselanggarakan oleh Inoverselab FST Uinsa bertemakan “Helping Chemist to Get Trusted Answer by Innovation” dengan Lab Tour. Pengenalan mengenai cara kerja dari beberapa prototype canggih yang dikenalkan oleh Milestone dan LabTech di Auditorium Gedung terpadu lantai 9 FST UINSA. International Workshop, seminar ini dengan dua pemateri professional, Mr. Diego Minneli dari Millestone dan Mr. Stefano Paggio dari LabTech, Italy.

Sambutan hangat diberikan oleh rektor UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) sebagai pembuka acara yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoA oleh bapak Prof Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Rektor UINSA dan bapak Direktor PT Spektrakrom Indonesia. Sample Preparation Workflow dimulai dari awal preparation sample hingga menjadi sample. Jadi diawali dengan penyiapan ultra pure acid supply yang bebas kontaminasi, dan disempurnakan dengan reagent and vessel handling yang tepat. Penggunakan microwave digestion dan filtration step dapat menghasilkan final sample dengan tingkat error rendah yang diapaparkan oleh Mr. Stefano Paggio. Antusiasme audiensi terpusat pada layar dan pemateri yang membawakan informasi rumit dengan fleksibel. Sehingga informasi dapat diterima sepenuhnya oleh seluruh lapisan audiensi.

Di tengah sesi acara terdapat coffee break yang mengembalikan semangat peserta seminar untuk lanjut ke sesi berikutya. Pengenalan instrument laboratorium menjadi topik berikutnya, yang dipaparkan secara umum oleh MR. Diego Minelli (LabTech SRL) dengan judul ‘Discover the Complete Range of the Laboratory Solution’. Tepat jam satu siang hadir sesi yang ditunggu oleh seluruh peserta seminar. Yakni sesi demo kelompok (simulasi) dengan peserta yang telah dibagi menjadi 3 kelompok saat sesi registrasi. Simulasi dilaksanakan di tiga post berbeda yakni post A yang dipandu oleh Mr. Stefano Paggio dengan instrument Microwave system. Prototype diperagakan dan dipaparkan fungsi serta cara kerjanya sekaligus elemen. Apa yang digunakan pada prototype tersebut yang memicu berbagai pertanyaan interaktif audiensi.

LabTech

Selanjutnya pada post B yakni, Direct Mercury Analizer dipandu oleh salah satu mahasiswa Indonesia yang menjadi bagian dari PT Spektrakrom Indonesia. Prototype Direct Mercury Analizer tersebut dapat mendeteksi dan menghitung kisaran merkuri. Yang ada pada tubuh seseorang dengan mengekstrak rambut atau kuku seseorang menjadi serbuk dengan Teknik pemanasan. Selanjutnya, yang tak kalah menarik perhatian audiensi ialah pada post C dengan instrument Celcius yang dipandu oleh Mr. Diego Minnelli. Dua prototype yakni destilasi panas, dan pengeringan suhu dingin yang menjadi dayatarik tersendiri dari seluruh rangkaian sesi. Pada akhir sesi ditutup dengan foto bersama dan pembagian sertifikat peserta kepada seluruh audien yang hadir serta memberikan cindera mata kepada pihak pemateri dan PT yang bekerjasama.