Berita

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Wednesday, 3 August 2022

IMPLEMENTASI PROGRAM “THE CENTRE of EARLYCHILDHOODEDUCATION CONSULTING” MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA PAUD DI KECAMATAN LAWANG KABUPATEN MALANG

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum hasil kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai alternatif tambahan dalam rangka pemulihan proses kegiatan pembelajaran selama tahun 2022-2024. Kurikulum Merdeka menitik beratkan pada pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, dan penguatan proyek profil pelajar Pancasila sebagai kokurikulernya.

Dikutip dari Buku Saku Kurikulum Merdeka, melalui situs kontan.co.id, menjelaskan bahwa dalam Kurikulum Merdeka atau Merdeka Belajar, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Perubahan kurikulum secara nasional menggunakan Kurikulum Merdeka baru akan terjadi pada 2024. Ketika itu, Kurikulum Merdeka sudah melalui iterasi perbaikan selama 3 tahun di beragam sekolah/madrasah dan daerah. Pada tahun 2024 akan ada cukup banyak sekolah/madrasah di tiap daerah yang sudah mempelajari Kurikulum Merdeka dan nantinya bisa menjadi mitra belajar bagi sekolah/madrasah lain.

Terkait hal tersebut diatas, secara sinergi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, memiliki program kerjanya tentang “The Centre of Earlychildhood Education Consulting (CEEC)” melaksanakan kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka (Kurmer)  PAUD di 9 lembaga RA di wilayah kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Kegiatan dilakukan pada hari Selasa, tanggal 02 Agustus 2022 bertempat di KB-RA Tarbiyatul Athfal Amanah Bunda, Desa Mulyoarjo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, dihadiri oleh 9 lembaga pendidikan anak usia dini dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Malang dan bimbingan Ikatan Guru Raudlotul Athfal (IGRA) Kecamatan Lawang Kab.Malang, yaitu (1)  bunda Yuyun Akhada, S.Pd.I dari RA AL-Muslimah, (2) Sri Nanik Ning Sa’adah dari RA Kartini, (3) Eny Virastutik,  S.T dari RA Al Ihsaan, (4) Tri Indriasari dari RA Al Firdaus, (5)  Choirul Qomariyah, S.P dari TA Amanah Bunda, (6) Awwaludin RIzaly dari RA Hidayatus Salafiyah, (7) Siti Zaenab dari RA TB Insan Kamil,  (8) Siti Khofifah, S.Pd dari RA Al Kautsar, (9) Ester Yuliati,S.Pd dari  RA Karakter Luhur Bangsa. Sebagai narasumber acara tersebut adalah Ratna Pangastuti, M.Pd.I dari prodi PIAUD FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dan Dhyna Roestianty, ST  dari Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini Surabaya.  Hadir pula dalam acara  tersebut ketua IGRA Kecamatan Lawang, bunda Eny Virastutik, S.T, Pengawas MI/RA Kecamatan Lawang, bapak Suryadi,dan Ketua Yayasan Pendidikan Amanah Bunda,  Bapak Redite Kurniawan.

Kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka (Kurmer) PAUD  yang dilakukan oleh Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya ini, disambut dengan hangat dan antusias oleh ketua IGRA Kecamatan Lawang, yang pada akhirnya dilanjutkan dengan penandatangan Mitra Kerjasama antara Prodi PIAUD dengan IGRA Kecamatan Lawang, dan bentuk Tindak Lanjut dari mitra kerjasama ini dilakukan secara daring  terkait pendampingan penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan  Tujuan Pembelajaran (TP) sebelum nantinya dilanjutkan untuk menyusun modul bahan ajar di 9 (sembilan) lembaga RA Kecamatan Lawang.