Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Wednesday, 3 August 2022

GAGAS PROGRAM PEMBERDAYAAN UMAT, REKTOR UINSA RESMI GELAR KICK OFF KERJASAMA BEASISWA S1 DENGAN LIMA LEMBAGA MITRA

UINSA Newsroom, Rabu (03/08/2022); Kegiatan Seminar dan Penandatanganan Kerjasama Beasiswa Program Sarjana dengan tema, ‘Kontribusi Beasiswa Untuk Pemberdayaan Umat” resmi digelar pada Rabu, 03 Agustus 2022. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama 5 lembaga mitra ini digelar di Ruang Amphitheater Gedung Twin Towers dengan dihadiri segenap unsur pimpinan pada Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, dan Satuan Pemeriksa Internal pada UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Lima Lembaga Mitra yang berkontribusi dalam kegiatan Kick Off Beasiswa Program Sarjana ini adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jatim Syariah (BJS), Bank Tabungan Negara (BTN), serta Bank Muamalat.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menjelaskan, bahwa pentingnya beasiswa didasarkan pada QS. Al-Isra’ ayat 26. Dalam ayat tersebut dijelaskan, bahwa ada tiga orang yang memiliki hak atas harta yang kita miliki. Yakni Kerabat, Orang Miskin, dan Ibnas Sabil. “Pertanyaannya kemudian, kalau kita mau nembak satu dapat semua, itu pintu masuknya lewat mana?” tanya Prof. Muzakki dalam sambutannya.

Dijelaskan Rektor, bahwa konsep pengentasan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat basisnya harus dari keluarga. Yakni dengan memastikan ada satu orang ‘Agency’ yang ditarik naik agar lebih berdaya. Pada gilirannya, sang Agency inilah yang akan mengangkat anggota keluarga lainnya.

Konsep ‘piranti obat nyamuk’ ini menurut Rektor, disebut sebagai pemberdayaan masyarakat yang berjangka, berkelanjutan, dan bisa dipastikan hasil konkritnya. “Jadi, ketika kita diingatkan oleh ayat Al-Quran, Wa Ati Dzal-Qurba Haqqahu Walmiskina Wabnasabil,’ itu ada pada figur calon mahasiswa sarjana S1,” tegas Prof. Muzakki.

Program beasiswa, menurut Rektor, juga menjadi langkah UINSA Surabaya untuk hadir ditengah masyarakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui jalur pendidikan tinggi. Rektor menjelaskan, bahwa saat ini lembaga pendidikan memasuki era Academic Industry, dimana pengelolaan perguruan tinggi layaknya korporasi. “Karena itu kami juga punya kewajiban menyediakan CSR untuk program masyarakat,” imbuh Prof. Muzakki.

Di hadapan para mitra kerja, Rektor secara khusus juga mempromosikan kampus UINSA Surabaya sebagai strategic partner. Karena UINSA Surabaya merupakan kampus besar dengan segala modalitas akademik dan sosial yang dimiliki.

“Mari kita semua bekerja sama. Dunia ini tidak selesai oleh sendirian. Dunia ini hanya selesai dengan cara sinergi dan kolaborasi. Mari kita bareng-bareng kita selesaikan problem keumatan. Kita bangun bareng-bareng peradaban baru di Jawa Timur melalui kampus UIN Sunan Ampel Surabaya,” ujar Prof. Muzakki menutup sambutan.

Usai sambutan, Rektor bersama para mitra secara bergantian melakukan Penandatanganan Kerjasama Beasiswa Program Sarjana. Dari BAZNAS Jawa Timur, bersama Ketua, Drs. K.H. M. Roziqi, M.M. Selanjutnya Kemas Erwan Husainy, dari Bank Syariah Indonesia; Daulat Marpaung, dari Bank Tabungan Negara; Vivi Irawati, dari Bank Jatim Syariah; serta Danang Rokhmad Sulendra, dari Bank Muamalat.

Selanjutnya, Rektor bersama mitra pun secara simbolis melakukan launching bersama Kerjasama Beasiswa Program Sarjana. Hal ini sekaligus menandai resminya Kerjasama Beasiswa Program Sarjana pada UINSA Surabaya bersama lima lembaga mitra tersebut.

Agenda berlanjut dengan sesi Seminar yang dipandu Nabiela Naily, S.Si., M.HI., M.A. Dosen yang juga menjabat Kepala Pusat Layanan Internasional ini mengawal paparan dari masing-masing pimpinan mitra kerja. Mulai dari testimoni hingga pengenalan lembaga mitra dilakukan dalam upaya meningkatkan kedekatan dan menjalin sinergi kelembagaan yang semakin erat.

Drs. K.H. M. Roziqi, M.M., misalnya, dalam paparannya menyampaikan, agar UINSA Surabaya dapat mengaktifkan kembali Unit Pengumpul Zakat (UPZ) agar dapat berjalan maksimal. Sehingga nantinya dapat menjadi supporting system bagi kemajuan UINSA Surabaya. Senada dengan hal itu, para mitra kerja dari perbankan sepakat, bahwa masing-masing berkomitmen untuk memberikan support terbaiknya bagi kerjasama dengan UINSA Surabaya.

Rektor pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap mitra atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin. “Kemuliaan ini kita bangun, kita terjemahkan bersama-sama, dan kita perkuat bersama-sama kedepan dalam sinergi dan kolaborasi yang kuat. Habis ini kita kerjakan bareng-bareng untuk kemajuan bangsa dan negara,” tukas Prof. Muzakki.

Kegiatan pun ditutup dengan closing speech dari Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa, M.Si., Wakil Ketua I BAZNAS Jawa Timur yang juga merupakan Guru Besar pada UINSA Surabaya. (All/Humas)