Berita

Pembelajaran berbasis lapangan merupakan metode yang diterapkan dalam Studio Perancangan Arsitektur, untuk meningkatkan pemahaman terkait objek yang akan didesain. Pada hari Senin, 17 Oktober 2022 Mahasiswa Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan kuliah lapangan di Gedung Pelindo Place Office Tower yang berlokasi di Jl. Perak Timur Surabaya. Kunjungan ke kantor Pelindo Place bertujuan agar mahasiswa dapat lebih memahami dan mampu menganalisis aspek desain, teknis dan pengelolaan bangunan bertingkat tinggi.  Serta mendapatkan pengalaman nyata dalam melaksanakan tugas mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur (SPA) 5 dengan objek rancang yaitu Mixed Use Building. Kegiatan kuliah lapangan dipandu dan diarahkan oleh Bapak Evan dari Pelindo Properti Indonesia. Mendampingi mahasiswa adalah Ibu Septia Heryanti, MT yang merupakan dosen pengempu mata kuliah SPA 5.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan aspek desain, pembangunan dan pengelolaan gedung. Pelindo Place merupakan bangunan high-rise building yang berfungsi sebagai kantor dan juga disewakan (rental office) bagi start up company lain. Fasilitas yang terdapat pada bangunan ini diantaranya adalah ballroom, meeting room, convention hall, gymnasium, cafe, masjid, dan banking hall. High-Rise building yang selesai dibangun pada tahun 2021 ini menggunakan konsep green building. Seluruh air buangan yang dihasilkan dari operasional building di proses kembali untuk menjadi air flushing toilet dan siram tanaman, termasuk air hujan (rain water harvesting).

Mahasiswa sangat antusias dalam mengobservasi dan aktif berdiskusi terkait aspek teknis pengalolaan gedung perkantoran. Kunjungan yang singkat namun bermanfaat ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk menghasilkan rancangan yang lebih baik lagi. Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan kegiatan ini, khususnya kepada Pelindo Properti Indonesia. Kejasama dan kolaborasi tersebut diharapkan dapat berkelanjutan baik dalam pengembangan keilmuan berupa sharing knowledge dan bentuk kegiatan lain.