Berita

Tepat pada hari Rabu tanggal 4 September 2024 Himpunan Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam menyelenggarakan Diskusi Publik dengan tema “Orientasi Teknologi Tepat Guna dalam Pengembangan Sistem Pertanian: Mengadopsi Inovasi, Memaksimalkan Efektivitas.” Yang dilaksanakan di Gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya. Pada pelaksanaan acara kali ini, Himpunan Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam mengundang tamu khusus dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yakni, Dr. Choirul Arif S,Ag. M.Fil.i dan juga Ketua dan Sekertaris Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Yusria Ningsih S.Ag, M.Kes dan Nihlatul Falasifah, M.T. Pada kegiatan kali ini, dihadiri oleh Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam mulai dari Angkatan 2022 sampai Angkatan 2024, dan dihadiri juga oleh beberapa mahasiswa di luar prodi PMI UINSA (terbuka untuk umum).

Berdasarkan tema yang diangkat yakni, “Orientasi Teknologi Tepat Guna dalam Pengembangan Sistem Pertanian: Mengadopsi Inovasi, Memaksimalkan Efektifitas.” Dalam acara Diskusi Publik ini di isi oleh dua narasumber, Dr. Ir. Ida Retno Moeljani, M.P dari dosen pertanian UPN Veteran Jatim, sebagai narasumber sesi pertama, Akhmad Rozi S.P dari Fasilitator Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan kota Pasuruan, sebagai narasumber sesi kedua.

Pada saat sesi pertama yang di isi oleh Dr. Ir. Ida Retno Moeljani, M.P menjelaskan materi dan berbagi pengalaman mengenai apa itu Teknologi Tepat Guna mulai dasar hingga mendalam. Seperti, pengertian, strategi, teknis, macam-macam, dll tentang Teknologi Tepat Guna. Dan, membagikan materi tentang pertanian sesuai dengan pengalaman dan bidangnya. Kemudian pada sesi kedua yang di isi oleh Akhmad Rozi S.P menjelaskan tentang cara pengaplikasian Teknologi Tepat Guna, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa prodi PMI UINSA. Seperti, melakukan pemberdayaan, menjadi fasilitator, dan melaksanakan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Kemudian, memberikan pemahaman tentang apa itu pupuk dan perbedaan antara pupuk organik dengan kimia. Kemudia disesi kedua pemateri juga mempraktekkan cara membuat pupuk organik dari bahan kompos rumah tangga.

Tujuan diadakannya acara Diskusi Publik dengan tema “Orientasi Teknologi Tepat Guna dalam Pengembangan Sistem Pertanian: Mengadopsi Inovasi, Memaksimalkan Efektivitas.” berupaya mengajak mahasiswa untuk memahami serta mempraktikkan penerapan Teknologi Tepat Guna dalam indikator sistem pertanian, dan memberikan pemahaman sudut pandang atau gambaran saat melakukan pemberdayaan atau pendampingan kepada mahasiswa prodi PMI UINSA.