Berita

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya senantiasa berkomitmen dalam pengembangan dan peningkatan SDM-nya. Tidak hanya dosen, tenaga kependidikan pun menjadi prioritas. Tiga orang Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) FTK mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Workshop, Pelatihan & Rakernas PPLPI yang diselenggarakan pada 29-31 Agustus 2024 di Bandung.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh asosiasi profesi PPLPI (Perkumpulan Pengelola Laboratorium Pendidikan Indonesia) itu mengangkat tema “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI), Digitalisasi Pengelolaan Laboratorium, dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Konversi SKP, serta Penyusunan Portofolio Uji Kompetensi”. Kegiatan ini diikuti oleh Pengelola Laboratorium Pendidikan yang terdiri dari PLP, teknisi, laboran, serta para pengelola kepegawaian.

Pada kegiatan workshop, disampaikan materi terkait pengembangan karir bagi jabatan fungsional PLP oleh Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek, Implementasi AI dan Digitalisasi Pengelolaan Laboratorium Pendidikan oleh Prof. Irwan Meilano (ITB), dan Pemanfaatan Teknologi AI untuk laboratorium medis/kesehatan oleh dr. Mas Rizky, Ph.D (UNPAD). Sedangkan pada sesi pelatihan peserta dikelompokkan sesuai dengan pilihan dan kebutuhan masing-masing. PLP FTK UINSA mengikuti pelatihan kalibrasi massa, volume, suhu oleh Ibrahim Ahmad, M.Si (Lab Terpadu IPB).

Semoga workshop dan pelatihan yang diikuti oleh PLP FTK UINSA menjadikan PLP semakin kompeten dan profesional. (Dee/Lab)