Surabaya, 25 Oktober 2023

Hari ini,  Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) FTK UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan acara akbar yang diberi nama “Haflah Miladiyah PAI dan Grand Final Olimpiade PAI dan Dai Daiyah Tingkat Nasional.” Acara ini merupakan perayaan yang memadukan kompetisi dalam ajang olimpiade PAI dan dai daiyah se Indonesia.

Olimpiade PAI merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himaprodi dengan melibatkan sekolah-sekolah di Indonesia dan bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Jawa Timur serta Kemenag Kota Surabaya. Kompetisi ini mencakup berbagai bidang, termasuk tafsir, hadis, fiqih, sejarah Islam, dan masih banyak lagi. Selain itu, Grand Final Olimpiade Dai Daiyah merupakan kompetisi yang menguji kemampuan berbicara dan dakwah siswa-siswi dan mahasiswa-mahasiswi, dimana mereka mempresentasikan pemahaman mereka tentang agama kepada audiens yang hadir.

Haflah Miladiyah PAI termasuk bagian dari perayaan yang besar. Ini merupakan acara bersejarah yang memperingati kelahiran Prodi PAI Tahun 2023. Acara “Haflah Miladiyah PAI dan Grand Final Olimpiade PAI dan Dai Daiyah” ini dihadiri oleh ratusan siswa-siswi, guru, dan orangtua. Acara ini meriah dan penuh semangat, mencerminkan semangat kebersamaan dan dedikasi siswa-siswi dalam mendalami ilmu agama dan berprestasi dalam minat dan bakatnya.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag) dengan didampingi oleh Kajur dan Sekjur Pendidikan Islam (Muhammad Nuril Huda & Ahmad Fauzi), juga Kaprodi dan Sekprodi Pendidikan Agama Islam (Muhammad Fahmi & Auliya Ridwan), dan Perwakilan bidang PAIS Kanwil Kemenag Jawa Timur (Bapak Maiwan), serta beberapa jajaran pengurus Himaprodi PAI. Dalam sambutannya, Wadek Bidang Akademik menyatakan bahwa semua peserta grand final ini adalah juara. Meskipun nanti hanya diambil juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3, namun yang tersisih tetaplah juara di levelnya.

Siswa-siswi yang berpartisipasi dalam Grand Final Olimpiade PAI dan Dai Daiyah tampil sangat memukau, memamerkan pengetahuan agama dan keterampilan berbicara mereka. Para pemenang dalam kedua kompetisi ini mendapatkan penghargaan bergengsi, serta hadiah-hadiah menarik sebagai pengakuan atas kerja keras mereka. Hadir juga dalam acara tersebut Dekan FTK (Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M.Pd.) dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Asc. Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag), yang memberikan hadiah kepada para pemenag lomba Da’i Da’iyah dan pemenang olimpiade PAI tingkat SMP dan SMA se-Indonesia.

Pendidikan agama Islam memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan moral siswa-siswi. Acara seperti ini tidak hanya merayakan prestasi akademik, tetapi juga mengedukasi siswa-siswi tentang nilai-nilai keagamaan dan keberagaman. Haflah Miladiyah PAI dan Grand Final Olimpiade PAI dan Dai Daiyah merupakan contoh yang luar biasa tentang bagaimana sebuah Lembaga dapat mesyiarkan pendidikan agama untuk membentuk siswa-siswi yang tangguh, berpengetahuan, dan bermoral tinggi. Acara ini adalah momen bersejarah yang menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk terus berkembang dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

By. M. Fahmi