Berita

Rabu, 19 Okober 2022 – Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 di Hall Lantai 4 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Konferensi nasional ini sukses menghadirkan ratusan peserta yang begitu antusias dalam menghadiri kegiatan ini.

Kegiatan Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 ini juga menghadirkan beberapa pejabat dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam kegiatan ini juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. memberikan sambutan sekaligus membuka acara pada hari ini. Kegiatan Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 menghadirkan tiga narasumber yang luar biasa profesional dan hebat dari internal maupun luar UIN Sunan Ampel Surabaya. Narasumber-narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd. beliau merupakan Guru Besar pada Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, kemudian Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd. Guru Besar Universitas Negeri Surabaya dan Dr. Hj. Setianingsih, Dosen dari Universitas Negeri Surabaya.

Pada Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 hari Rabu, 19 Oktober 2022 ini Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd. menyampaikan materi terkait dengan Strategi Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Materi ini terkait dengan pesatnya perkembangan teknologi yang menuntut para pengajar terutama pengajar matematika untuk dapat menggunakan teknologi. Jika perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan kemampuan pengajar dalam menggunakan teknologi maka akan terjadi gap antara kemampuan pengajar dan kemajuan teknologi. Pada kesempatan kali ini beliau didampingi oleh moderator dari Dosen Pendidikan Matematika sekaligus Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA yaitu Dr. Aning Wida Yati, S.Si., M.Pd.

Pemateri berikutnya pada Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 ini adalah Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd. Pada materinya beliau menyampaikan terkait tentang Pembelajaran Geometri dan Permasalahannya (Rekam Jejak 40 tahun Mengajar Geometri). Pada kesempatan kali ini beliau didampingi oleh moderator Yuni Arridafah, M.Pd. yang merupakan salah satu Dosen Pendidikan Matematika. Materi berjalan dengan interaktif sekali disertai dengan diskusi dan tanya jawab yang begitu antusias diikuti oleh para peserta Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022. Bahkan pada kesempatan ini beliau sempat membagikan doorprize kepada peserta Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 dalam bentuk karya terbaru beliau yang baru saja diterbitkan.

Kegiatan selanjutnya Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022 merupakan materi tentang Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jawa Timur untuk Mendukung Pembelajaran Geometri oleh Dr. Hj. Rini Setianingsih. Pada kesempatan ini beliau didampingi oleh moderator dari Dosen Pendidikan Matematika sekaligus Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA yaitu Dr. Aning Wida Yati, S.Si., M.Pd.. Pada materi ini beliau menyampaikan terkait Etnomatika yaitu Studi yang mengkaji hubungan antara matematika dan budaya. Suatu kajian yang meneliti cara sekelompok orang pada budaya tertentu dalam memahami, mengekspresikan, dan menggunakan konsep-konsep serta praktik-praktik kebudayaannya yang digambarkan oleh peneliti sebagai sesuatu yang matematis. 

Secara umum Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022  telah berjalan dengan sukses dan mendapat respon positif baik dari peserta maupun pemateri. Secara khusus bahkan para peserta berharap agara Konferensi Nasional MME Mathematics Conference 2022  berikutnya tetap dapat mengakomodir pendaftaran peserta secara online dan dapat diselenggarakan kembali di tahun berikutnya.