Berita

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan kajian tentang “Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Anak Usia Dini” pada hari Kamis, 20 Oktober 2022 pukul 09.40 WIB (20/10). Kegiatan yang diselenggarakan di ruang meeting gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lantai 1 UIN Sunan Ampel ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya,  yaitu Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes  selaku guru besar ilmu PAUD di FIP UNESA dan Muhammad Reza, S.Psi., M.Si yang juga menjadi Dosen PAUD di Universitas Negeri Surabaya. Adapun peserta kegiatan ini adalah para dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan) dalam rangkaian acara yang dipandu oleh Fahmy Imaniar, M.Pd (sekretaris prodi Bahasa Inggris) selaku pembawa acara. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan berharap dengan dihadirkannya kedua narasumber hebat ini dapat mengembangkan dan memunculkan inovasi baru mengenai desain pembelajaran di Prodi PIAUD.

Pada sesi pertama, Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan menyampaikan tentang “Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pengabdian Masyarakat dan Riset Prodi PIAUD”. Dalam pemaparannya, Prof Rachma menjelaskan mengenai siapa itu anak, apa saja faktor internal maupun eksternal perkembangan anak, bagaimana pemantauan pertumbuhan anak, apa saja landasan filosofis dan religi perkembangan anak, apa saja landasan keilmuannya, bagaimana karakteristik pembelajaran yg perlu diperhatikan untuk anak, prinsip” dasar anak usia dini , bagaimana kaitan anak dengan orang tua yang jarang diketahui orang tua, dan terakhir yang terpenting yaitu bagaimana mendesain pembelajaran di piaud berbasis riset sekaligus implementasi filosofi, teori dan pendekatan dalam pelaksanaan PAUD.

Di lanjutkan materi kedua, yang disampaikan oleh Muhammad Reza yang menjelaskan berbagai kasus yang marak terjadi, seperti kasus bullying, pelecehan seksual, pengonsumsian narkoba dan obat-obatan terlarang  yang juga terjadi di lingkungan anak usia dini. Sehingga perlu adanya solusi ataupun penanganan lebih lanjut mengenai kasus tersebut.Melihat dari kasus yang terjadi  Muhammad Reza mengungkapkan bahwa pentingnya mengajarkan pendidikan dan nilai-nilai Islam sejak dini. Selanjutnya Muhammad Reza juga memaparkan mengenai milidasi dalam perspektif Islam, pendidikan seksual menurut Islam, perspektif kesehatan gizi untuk anak usia dini yang sesuai dengan ajaran Rasulullah, membangun keluarga sejahtera dalam perspektif Islam dan parenting menurut ajaran Rasulullah. Sehingga dengan adanya desain pembelajaran yang sesuai dengan ajaran Islam dapat meminimalisir terjadinya kasus-kasus yang terjadi di lingkungan anak usia dini.

Kata-kata motivasi terakhir yang disampaikan Muhammad Reza S.Psi., M. Si, M.Pd yang mengutip dari Ali bin Abi Thalib r.a berbunyi seperti ini “Didiklah anak-anak mu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu”

Dalam dialog ini, pembicara memberi banyak wawasan tambahan kepada para dosen tentang hal kecil yang mungkin terlewatkan untuk disampaikan kepada mahasiswa PIAUD di UINSA. Diantaranya, beliau selalu menegaskan 2 hal, yang pertama yaitu sebelum mengajar anak-anak, seorang guru PAUD harus memahami bahwa yang dihadapinya itu adalah anak kecil yang berusia 0-6 tahun. Dengan artian, guru harus bisa menyesuaikan dalam hal bahasa, kata-kata, dan gerakan tubuh yang pas. Dan yg kedua, bahwa menyampaikan materi ke anak-anak kecil tidak seperti dosen menyampaikan materi kepada mahasiswa. Jadi, bagaimana cara dosen menciptakan suasana pembelajaran seperti halnya yang guru PAUD berikan kepada muridnya.

Melalui materi yang disampaikan oleh kedua narasumber tersebut diharapkan dosen UIN sunan Ampel Surabaya lebih mengatahui bagaimana dan apa yang seharusnya ditambahkan dalam pembelajaran PAUD kepada mahasiswa PIAUD UINSA. Dan mampu mengatasi Permasalaha permasalahan-permasalahan yang ada di lingkup Pendidikan Anak Usia Dini. Diharapkan pula para dosen khususnya di prodi PIAUD mampu membuat sebuah desain pembelajaran berbasis riset dan pengabdian masyarakat yang sesuai untuk mendidik mahasiswa di perkuliahan khususnya di prodi PIAUD.

Apalagi di era literasi yang semakin berkembang ini, kata beliau Prof Rachma, dosen harus mempunyai karya ilmiah . Lebih bagus lagi jika karya nya dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Dosen yang baik dan beruntung adalah ia yang memiliki banyak karya ilmiah, maka dari itu untuk menimbulkan ide-ide yang belum muncul, dosen harus teliti terhadap tiap langkah yang dilakukannya untuk dijadikan riset.