Berita

HADIRKAN PIMPINAN LEMBAGA PERGURUAN TINGGI ISLAM JAWA TIMUR, P2B UINSA GELAR SEMINAR “SMART CLASSROOM TECHNOLOGY“

P2B Newsroom, Rabu (17/05/2023); Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali mewarnai inovasi dunia pembelajaran dengan menyelenggarakan untuk Seminar, “Smart Classroom Technology: Pembelajaran Inovatif di Perguruan Tinggi.” Diselenggarakan di Greensa Inn, Sidoarjo pada tanggal 16 Mei 2023, kegiatan ini berkolaborasi dengan BenQ dan NUADU.

Acara yang bertajuk ‘Leaders Gathering’ ini mengusung tema: ‘Urgensi Transformasi Tehnologi untuk Pembelajaran yang Berkualitas.’ Acara ini dihadiri lebih dari 30 pimpinan Universitas. Diantaranya: STAI Al Akbar Surabaya, IAI Uluwiyah Mojokerto, IAINU Tuban, STAI Miftahul Ulum Lumajang, STAI Syaichona Moch.Cholil Bangkalan, IAI Miftahul Ulum Pamekasan, STAI Sayid Mohammad Alawi Al Maliki Bondowoso, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, dan STAI Ali bin Ali Thalib Surabaya.

Acara diawali dengan sambutan dari Pimpinan BenQ Indonesia yang menyampaikan bahwa BenQ dengan teknologi terkini yang siap mendukung Transformasi Teknologi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan Smart Classroom Technology yang mutakhir. Acara secara resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Kelembagaan dan Akademik, Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag. Dalam sambutannya, Warek menyampaikan urgensi pembelajaran yang memiliki transparansi hasil dan proses. Dengan adanya teknologi, maka proses pembelajaran perguruan tinggi akan menjadi aman dan berkualitas.

Acara inti diawali dengan paparan Mokhamad Syaifudin, M.Ed, Ph.D. Ia menyampaikan paparan tentang tranformasi pembelajaran melalui teknologi. Ia juga menggarisbawahi evolusi teknologi dari masa ke masa dan pentingnya pengalaman belajar yang bersifat students’ centered agar pembelajaran bermakna.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Produk BenQ interactive Panel yang mendukung 3 less yaitu Wireless, PCless dan Driverless. “Tiga keunggulan ini sangat membantu dosen dan perguruan tinggi memilih teknologi mutakhir dalam pembelajaran karena fitur security yang dimiliki perangkat,” ujar Perwakilan BenQ Indonesia.

Sesi terakhir adalah pemaparan dari NUADU selaku mitra provider platform pembelajaran interaktif. Diantaranya tes Bahasa Arab yang dikembangkan bersama dengan P2B UINSA Surabaya.

Kepala P2B UINSA, Dr. Muhammad Budiono, M.Pd.I., juga menyampaikan bahwa, ALAT (Arabic Language Test) merupakan produk P2B UINSA yang mampu menjawab dan memetakan kemampuan Bahasa Arab penggunanya secara terstandar dan kompetitif. Acara pun berlangsung sangat interaktif dan menarik seluruh stakeholder untuk menjalin potensi kemitraan lebih lanjut. (P2B/UINSA)