Berita

UINSA Newsroom, Kamis (18/04/2024); Masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1445 H, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama bagi Pegawai dan Purna Tugas Keluarga Besar UINSA Surabaya pada Kamis, 18 April 2024.

Bertepatan dengan tanggal 9 Syawal 1445 H, kegiatan yang digelar di Gedung KH. Saifuddin Zuhri Sport Centre and Multipurpose Kampus A. Yani Surabaya menghadirkan KH. Muhammad Anwar Iskandar, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien, Ngasinan, Kota Kediri.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap Pegawai dan Purna Tugas Keluarga Besar UINSA Surabaya yang hadir. Dalam kesempatan ini, Rektor secara khusus juga menyampaikan ucapan selamat lebaran dan meminta maaf mewakili pribadi dan tim manajemen UINSA Surabaya.

“Jabatan itu ditunaikan, bukan dinikmati. Kami percaya itu. Amanah itu ditunaikan, bukan dinikmati. Kami mempraktekkan itu. Karena itulah, Ibu Bapak yang saya hormati dalam pelaksanaan tugas kami menunaikan amanah dan tanggungjawab selaku tim manajemen UIN Sunan Ampel Surabaya ini pasti ada kesalahan, kekurangan saya mewakili seluruh tim manajemen UIN Sunan Ampel Surabaya dan sekaligus selaku pribadi senyampang masih di Bulan Syawal dan dalam momentum Halal Bi Halal ini menghaturkan permohonan maaf yang setulus-tulusnya, sedalam-dalamnya kepada ibu Bapak sekalian,” ujar Prof. Muzakki.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan beberapa catatan kinerja kampus. Salah satunya adalah proses finalisasi persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran. “Mohon ijin dan mohon doa kepada ibu bapak sekalian mudah-mudahan ijin operasional Prodi Kedokteran dan Kedokteran Profesi bisa segera diserahterimakan kepada kami,” imbuh Prof. Muzakki.

Termasuk juga penyelesaian proses gelar perkara 13 bidang aset tanah UINSA Kampus Gunung Anyar, serta persiapan menuju alih status kelembagaan dari BLU menjadi PTNBH. “Mohon doa restu semoga bisa segera terealisir dalam tahun ini,” mohon Prof. Muzakki.

Usai sambutan Rektor, kegiatan diisi dengan tausiyah dari KH. Muhammad Anwar Iskandar. Dalam tausiyahnya mengajak kepada segenap Keluarga Besar UINSA Surabaya untuk senantiasa bersyukur atas karunia Allah Surabaya melalui Ramadan dan Idul Fitri.

“Ini adalah ruang, ini adalah opportunity yang diberikan oleh Allah kepada kita semuanya. Tentu mudah-mudahan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah. Rahmat, berkah, dan segala kebaikan-kebaikan karena kita telah menjalankan kewajiban Ramadan yang lalu senantiasa diberikan oleh Allah kepada kita semuanya. Oleh karena itu, ujung dari kegiatan ini adalah bersyukur kepada Allah,” ujar KH. Muhammad Anwar Iskandar.

“Marilah kita jadikan akhir daripada Ramadan ini dalam rangka tasyakkur (bersyukur, red) kepada Allah dan menjadikan momentum Wal Aafiina Aninnaas (saling memaafkan, red). Karena kalau kita sudah saling memaafkan, clear, hidup ini nikmat,” tegas KH. Muhammad Anwar Iskandar.

Nikmatnya hidup, lanjut KH. Muhammad Anwar Iskandar, juga dapat terwujud dengan senantiasa menjaga persatuan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari. Menghormati prinsip-prinsip kemanusiaan, dimulai dari lingkup terkecil yakni keluarga. (All/ Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian