Berita

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi saksi inspiratifnya Proses Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi Internasional Program Studi pada Universitas Hasanuddin Makassar. Sebuah acara eksternal benchmarking bertema “Penguatan Daya Saing Program Studi Melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal untuk Meraih Sertifikasi Internasional Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya di Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Hasanuddin Makassar” yang dilaksanakan pada hari Senin 20 Mei 2024 yang dihadiri oleh Gugus Kendali Mutu (Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan) serta Ketua Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara tersebut menjadi momentum penting bagi pertukaran ide dan praktik terbaik antar lembaga pendidikan tinggi khususnya terkait dengan sistem penjaminan mutu dalam akreditasi internasional Program Studi akreditasi internasional. Tim delegasi dari FTK UIN Sunan Ampel Surabaya terdiri dari 9 orang yang terdiri dari Muh. Faizin, M.Pd.I (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa), Afida Safriani, M.A., Ph.D (Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa), Dr. Siti Lailiyah, M.Si (Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA), Dr. Aning Wida Yanti, S.Si, M. Pd. (Sekretaris Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA), Muhammad Nuril Huda, M.Pd (Ketua Jurusan Pendidikan Islam), Dr. Nur Wakhidah, M.Si (Sekretaris Jurusan Pendidikan Islam), Dr. Sihabudin, M.Pd, M.Pd.I (Ketua Jurusan Pendidikan Dasar), Sulthon Mas’ud, M.Pd.I (Sekretaris Jurusan Dasar), dan Dr. Taufik, M.Pd.I (Ketua Laboratorium FTK).

Sementara itu, Tim Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin Makassar dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc selaku Ketua LPMPP Unhas, didampingi oleh Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN., Ph.D (Sekretaris LPMPP), Prof. Dr. Kasbawati, S.Si., M.Si. (Kepala Divisi Pengelolaan Akreditasi), Dr. phil.nat. Ir. Sri Widodo, ST., MT. (Kepala Divisi Penjaminan Mutu Internal), dan Prof. Dr. Yusring Sanusi B., S.S., M.App.Ling (Kepala Divisi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran).

Dalam suasana yang penuh hangat, acara pembukaan kegiatan eksternal benchmarking dibuka oleh Ketua LPMPP Universitas Hasanuddin Makassar. Pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim FTK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk bisa sharing pengalaman dalam upaya peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan tinggi. “LPMPP merupakan perpanjangan tangan dari Rektor Universitas Hasanuddin dalam menjamin mutu bagi 227 Program Studi melalui kualitas pembelajaran, penjaminan mutu internal dan akreditasi.” tandasnya. Selanjutnya sambutan dari perwakilan Jurusan/GKM FTK UIN Sunan Ampel Surabaya Bapak Muh. Faizin, M.Pd.I menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan dan kesempatan untuk belajar terkait dengan sistem penjaminan mutu khususnya pada program studi yang terakreditasi internasional.

Sesi selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN.,Ph.D (Sekretaris LPMPP) dari Divisi Penjaminan Mutu Internal (DPMI). Dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), DPMI Universitas Hasanuddin Makassar menerapkan aplikasi AMI Online secara terpadu. Selain itu, LPM UNHAS juga mendapatkan Hibah dari Dirjen Belmawa Kemendikbudtistek untuk pengembangan sistem penjaminan mutu internal. Pada Divisi Pengelolaan Akreditasi, sebanyak 56,51% prodi terakreditasi A/Unggul dari total prodi di UNHAS.

Dalam sesi tanya jawab yang berlangsung hangat, para peserta berbagi pengalaman dan tantangan dalam upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi mereka masing-masing. Diskusi yang intens ini memperjelas betapa pentingnya adopsi praktik-praktik terbaik dan adaptasi kontekstual terhadap kondisi lokal. Acara eksternal benchmarking ini tidak hanya menjadi forum untuk bertukar pengalaman, tetapi juga sebagai langkah awal dalam meningkatkan sistem penjaminan mutu di lembaga masing-masing dan sebagai momentum untuk membangun jaringan kerjasama yang kuat antar unit perguruan tinggi. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang ditunjukkan dalam acara ini, diharapkan dapat tercipta transformasi positif dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Kegiatan berlangsung lancar dan ditutup dengan penyerahan cendramata dan foto bersama.