Event

Gebyar Mahasiswa Matematika, atau GEMATIKA, merupakan acara yang diadakan oleh HIMATIKA Algebra untuk merayakan hari ulang tahun matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan tema “Follow Your Dream, Open Your Mind, Be The Next Mathematics Generation (FLUORITE)”. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah Pemilihan Duta Matematika 2023 dan Closing Event Gematika 2023.

Closing Event Gematika 2023 mengusung tema “Let’s Make a Change to Create a Better Future.” Sejak dulu, musik telah menjadi medium kuat untuk menyampaikan pesan sosial dan politik. Tema ini menjadi panggilan untuk memanfaatkan kekuatan musik dan seni dalam menyampaikan pesan serta memotivasi masyarakat untuk melakukan perubahan positif.

Menciptakan masa depan yang lebih baik juga melibatkan peran sebagai duta. Mahasiswa yang terpilih sebagai duta matematika memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan. Mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan promosi, koordinasi acara, atau menjadi perwakilan di forum eksternal. Pemilihan duta prodi matematika bertemakan “Menciptakan Insan Matematika Yang Cerdas Bermartabat Dan Berkarakter Islami” diharapkan memperkuat komunikasi antara program studi dan mahasiswa serta meningkatkan citra program studi di lingkungan kampus dan masyarakat.

Pendaftaran Duta Matematika 2023 berlangsung dari tanggal 12-22 September 2023. Selain itu, kegiatan unik seperti upload twibbon di Instagram dilakukan pada tanggal 24 dan 24 September 2023. Sesi wawancara yang diadakan pada hari Senin, 25 September 2023, menjadi langkah baru dalam pemilihan Duta Matematika. Melibatkan Ketua HIMATIKA Algebra dan pasangan Duta Matematika tahun lalu sebagai pewawancara.

Teknis pemilihan duta matematika dibahas dalam Technical Meeting secara online via Google Meet pada tanggal 29 September 2023. Dalam proses pencalonan, perwakilan dari masing-masing angkatan matematika ’21, ’22, ’23 diwajibkan untuk menciptakan keberagaman.

Pemilihan Duta Matematika 2023 dan Closing Party dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 September 2023 yang bertempat di Gedung SAC lt. 3 Kampus 1 UINSA. Hasil akhir dari pemilihan duta matematika 2023 mengukuhkan Syifa Nasiratun Toyibah dan Muhammad Zulfikar Sholahuddin sebagai “Duta Matematika 2023,” Wiswinta Retno Tania Putri dan Zainal Arifin sebagai “Duta Matematika Persahabatan 2023,” serta Riska Nuril Fadhila dan Muhammad Fakhruddin Azhari sebagai “Duta Matematika Inspiratif 2023.” Selamat kepada para duta yang terpilih, diharapkan mereka dapat menjadi inspirasi dan pemimpin yang membawa warna baru bagi program studi matematika di universitas dan masyarakat sekitarnya.