Agenda

Gema Kreasi Inovasi Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu program kerja dari departemen Keilmiahan dan Keprofesian dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Gema Kreasi Inovasi Karya Tulis Ilmiah mengusung tema “Solusi dan Kontribusi Gen Z dalam Mempersiapkan Inovasi Lingkungan Berkemajuan di Pasca Pandemi”. Gema Kreasi Inovasi Karya Tulis Ilmiah terdiri dari dua pelaksanaan yaitu Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Dan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional.

Pelatihan KTI Gema Kreasi Inovasi Karya Tulis Ilmiah
Pelatihan KTI Gema Kreasi Inovasi Karya Tulis Ilmiah

Penyebaran Pamflet kegiatan “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah” dimulai pada tanggal 12 Oktober 2022 melalui media social seperti Whatsapp dan juga Instagra, Peserta dapat mendaftarkan diri melalui CP yang tertera di pamphlet atau melalui link Bit.ly/PendaftaranPelatihanGKIKTI2022 . Pelatihan ini  dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 29 – 30 Oktober 2022. Pelatihan ini diikuti oleh 65 peserta yang merupakan Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya dan  Mahasiswa Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya.  Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini mendatangkan pemateri Ibu Dr. Sri Warijayati S.H., M.H., Ibu Dian Candra Rini Novitasari, M.Kom., dan Bapak Dr. Phil. Kamal Yusuf, S.S, M.Hum. Pelatihan karya tulis ilmiah ini dilaksanakan secara online dan juga offline bertempat di Ruang Kelas 9.5 dan 9.6 Fakultas Sains dan Teknologi Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya, Jl. Gunung Anyar , Surabaya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan juga untuk menumbuhkan jiwa ilmiah kepada mahasiswa. Pelatihan ini terdapat sesi tanya jawab setiap materi yang telah disampaikan dan terdapat review karya tulis ilmiah milih peserta oleh pemateri.

Pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022, kegiatan ini pun berlangsung diawali dengan pembukaan dan sambutan pada pukul 09.45 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan para peserta mengerjakan pre-test kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi secara langsung oleh pemateri. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Sesi selanjutnya yaitu penyampaian KPP oleh MC agar peserta tidak hanya mendengarkan materi saja tetapi juga langsung mempratekkan dalam tugas yang diberikan. Tugas KPP berupa membuat Karya Tulis Ilmiah hingga Bab II dengan tema ““Solusi dan Kontribusi Gen Z dalam Mempersiapkan Inovasi Lingkungan Berkemajuan di Pasca Pandemi”. KPP dikerjakan pada saat pelatihan hari itu juga. KPP yang diberikan oleh panitia dikumpulkan melalui link google drive yang telah disediakan oleh panitia.

Selanjutnya, pada hari Minggu, 30 Oktober 2022, kegiatan dimulai pada pukul 09.40 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan KPP terbaik peserta oleh pemateri. Dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pemateri.
Acara selanjutnya yaitu Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional. Penyebaran pamphlet “kompetisi karya tulis ilmiah” disebarkan mulai tanggal 27 Oktober 2022 melalui Whatsapp dan Instagram. Pendaftaran kompetisi dan pengumpulan abstrak dimulai pada tanggal 2 – 8 November 2022. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui link yang tertera dipamflet yaitu http://Bit.ly/PendaftaranLombaGKIKTI2022 . Kompetisi ini diikuti oleh 67 tim dari 28 Universitas di Indonesia dan 15 tim yang lolos ke babak final. Babak final dilaksanakan pada tanggal 18 Desemeber 2022 bertempat di Ruang Laboratorium Pemberdayaan Masyarakat dan Pesisis Gedung FST Lt.6 Kampus II Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya.
Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan pada pukul 09.28 WIB  oleh Bapak Dr. Abid Rohman, S.Ag, M.Pd. I selaku Wakil Dekan 2. Kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi berupa presentasi oleh masing-masing tim yang lolos dan juga sesi tanya jawab oleh juri kepada masing-masing tim yang lolos ke babak final.
Acara selanjutnya yaitu pengumuman juara oleh panitia. Juara 1 dimenangkan oleh tim SCB POLTEKAD dengan judul “Desain Smart Cooling Box Systems (S-Cbs) Photovoltaics Untuk Penyimpanan Obat-Obatan dan Logistik”. Juara 2 dimenangkan oleh tim Megalodon dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan judul “Smart Monitoring Kadar Bau dan Kualitas Pada Limbah Cair berbasis Iot”. Juara 3 dimenangkan oleh tim Bismillah dari Univeristas Negeri Malang dengan judul “Konsepsi Monopoli Sebagai Media Dasar Pembentukan Karakter Dan Pengenalan SDGS Pada Generasi Alpha”. Juara harapan 1 dimenangkan oleh tim The Growing Tribe dari UIN Sunan Ampel Surabaya dengan judul  Pemanfaatan Tanaman Sansiviera Sebagai Filter Udara Dalam Penurunan Emisi Gas Buangan Co Dan HC Pada Kendaraan Bermotor”.  Juara harapan 2 dimenangkan oleh tim Gen Z dari universitas Gadjah mada dengan judul “Bio Genik : Household Organic Waste Management Melalui Digester Portable Dengan Produk Turunan Pupuk Organic Guna Mendukung Kemandirian Energi 2035”
Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman peserta, dan panitia  yang telah menyiapkan serta bertugas pada sebelum dan saat hari H kegiatan. Kami juga ucapkan selamat kepada para pemenang dalam kompetisi karya tulis ilmiah. Semoga diadakannya Gema Kreasi Inovasi ini dapat menambah ilmu dan pengalaman peserta yang bermanfaat untuk kedepannya.