Berita

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan Konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, pelestarian. Kerusakan lingkungan yang terjadi sekarang ini merupakan ancaman bagi seluruh penduduk dunia. Salah satu kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini adalah pencemaran laut di Indonesia. Tingkat pencemaran laut di Indonesia masih sangat tinggi. Pencemaran berat terutama terjadi di kawasan laut sekitar dekat muara sungai dan kota-kota besar. Tingkat pencemaran laut ini telah menjadi ancaman serius bagi laut Indonesia dengan segala potensinya.

Pada kegiatan kali ini Mahasiswa Baru UIN SUNAN AMPEL SURABAYA Tahun 2022 melakukan kegiatan Konservasi Lingkungan dengan upaya pembersihan daerah tepi Pantai Kenjeran dengan melakukan aksi pengambilan sampah dan juga memasang plakat yang bertuliskan larangan untuk membuang sampah di daerah tepi Pantai Kenjeran.

Kegiatan Konservasi Lingkungan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Januari 2023 pada pukul 08.00 WIB yang bertempat di Pantai Batu-Batu, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya. Kegiatan Konservasi Lingkungan ini akan dilaksanakan dengan aksi bersih–bersih daerah Pantai Kenjeran khususnya wilayah Kenjeran dan Watu-Watu (KWW), Pantai Kenjeran Lama, Surabaya sepanjang 1,5 km.

Untuk konsep pelaksanaan yaitu dengan membagi 1 angkatan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2022 yang berjumlah 67 orang menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok bekerja sama membersihkan tepi Pantai Kenjeran dengan jarak 300 meter antar kelompok. Dalam proses pengambilan sampah dibagi menjadi 2 kelompok pemilahan sampah, yaitu tim sampah organik dan tim sampah anorganik . Kemudian sampah yang telah terkumpul diangkut oleh pihak DLH menuju TPS terdekat.

Pada kegiatan Konservasi Lingkungan kali ini juga dibantu oleh 6 warga sipil dan 8 Satpol PP

Untuk proses pemasangan plakat, total dari plakat yang terpasang ada 5 plakat setiap 300 m pada tepi pantai Kenjeran Batu-Batu. Dengan harapan agar masyarakat sekitar dan pengunjung Pantai Kenjeran lebih memedulikan kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan lebih memperhatikan kebersihan sekitar Pantai Kenjeran.

Terima kasih kepada panitia yang telah bertanggung jawab untuk menyiapkan kegiatan Konservasi Lingkungan baik sebelum, saat kegiatan berlangsung maupun setelah kegiatan ini selesai. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para anggota yang telah hadir. Semoga dapat selalu menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar kita.