Berita

Gelar Yudisium ke-102, FTK UINSA Luluskan 166 Sarjana Pendidikan

Jumat, 17 Februari 2022, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar yudisium ke-102. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Gedung Fakultas Tarbiyah kali ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag.,M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Ach. Muhibbin Zuhri, M.Ag. Selain itu hadir pula Koordinator Tata Usaha, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris program studi. Kegiatan yudisium ke-102 semester gasal tahun akademik 2022/2023 ini diikuti oleh 166 Mahasiswa.

Setelah menempuh perkuliahan selama 4 (empat) tahun dan telah menyelesaikan tugas akhir, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya siap menyandang gelar sarjana. Prosesi yudisium diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA, lalu dilanjut dengan pembacaan laporan akademik terkait jumlah mahasiswa yang mengikuti yudisium, pengukuhan mahasiswa peserta Yudisium ke-102, pengukuhan nama-nama mahasiswa terbaik di masing-masing program studi, pengukuhan mahasiswa terbaik di tingkat fakultas, kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa FTK, dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Acara dibuka oleh Dekan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag.,M.Pd., yang dilanjutkan dengan pembacaan laporan akademik yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Rakhmawati, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, Dekan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag.,M.Pd., menyampaikan harapan untuk para mahasiswa agar menjadi sarjana yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, negara, dan terkhusus agama Islam. “Khoirunnas Anfa’uhum Linnas, ada dua kata ‘nas’, namun dua kata tersebut memiliki makna yang berbeda, di mana ‘nas’ yang pertama adalah kita sendiri, dan ‘nas’ yang kedua adalah masyarakat secara keseluruhan.”, ungkap dekan FTK dalam sambutannya. Diharapkan, para calon wisudawan FTK dapat mengabdikan diri di masyarakat, menjadi pendidik maupun tenaga kependidikan yang mampu membawa perubahan serta perbaikan untuk dunia pendidikan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium ke 102, oleh Ketua masing-masing program studi, dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para mahasiswa terbaik.

Pada Yudisium ke-102, yudisium terbaik pertama dari masing-masing program studi diraih oleh Pita Oktavia Dwianinda, S.Pd. (PAI), Putri Alivia Ramadhani, S.Pd. (MPI), Hilda Fairuzia Khaidaroh, S.Pd. (PBA), Rida Nur Aisyah, S.Pd. (PBI), Zuha Prisma Salsabila, S.Pd.(PGMI), Fahriza Femenia, S.Pd. (PIAUD), Calista Octavian Dwisanti, S.Pd.(PMT), Muhammad Nuh Fathsyah Siregar, S.Pd. (PIPA). Dari beberapa mahasiswa terbaik program studi tersebut, predikat mahasiswa terbaik tingkat fakultas diraih oleh Zuha Prisma Salsabila, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan IPK 3,90. Dalam sambutannya sebagai  perwakilan peserta yudisium Zuha Prisma Salsabila, S.Pd. menyampaikan rasa syukur kepada Allah Swt dan terimakasih kepada orang tua, guru, serta para dosen yang telah membimbing selama ini sehingga mereka dapat menyelesaikan jenjang strata-1. Acara yudisium berlangsung dengan begitu khidmat dan lancar, diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Imam Syafi’i, S.Ag., M.Pd.