Kegiatan hands on praktikum Science yang seru menggunakan properti menarik

Kamis 10 November 2022. Bertepatan dengan peringatan hari pahlawan nasional, Lab FST UINSA menggelar kegiatan Ilmuwan Cilik. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Laboratorium kepada masyarakat khususnya generasi masa depan. Kegiatan ini diikuti oleh 10 siswa-siswa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UINSA beserta 3 guru pendamping.

Kegiatan praktik dibimbing oleh Aslab Inoverselab, Yahya Abdillah

Kegiatan Ilmuwan Cilik ini diisi dengan berbagai sesi menarik termasuk praktikum pembuatan lava dan hands on gunung berapi meletus. Seluruh peserta kegiatan ini sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap sesinya. Selain praktikum fun science yang mengenalkan tentang gunung berapi, materi menarik juga dikemas dalam bentuk nyanyian sehingga para siswa tidak merasa bosan ataupun jenuh. 

Siswa PAUD maupun gurunya berpartisipasi secara aktif

Oktaviana Dwi Yanti, S.Psi. salah satu guru pendamping PAUD menjelaskan mengenai makna hari pahlawan serta menegaskan bahwa ilmuwan juga merupakan salah satu pahlawan paling berjasa dalam kehidupan manusia. Hal ini karena tanpa adanya ilmuwan, perkembangan pengetahuan dan inovasi akan berjalan secara lambat di dunia ini.

Terdapat doorprize juga, lho!

Yahya Abdillah Al Hanif selaku fasilitator praktikum gunung berapi mengemukakan sebagai berikut, “Senang sekali melihat adik-adik PAUD yang aktif bertanya serta energik dalam mengikuti praktikum secara step by step

Foto bersama siswa, Guru PAUD dan para fasilitator

“Kegiatannya sangat seru dan menyenangkan. Terima kasih kakak-kakak”, ujar M. Yusuf Azzamy Bahta salah satu siswa PAUD UINSA. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin Lab FST UINSA dan menjadi awal munculnya dari kegiatan pengabdian lainnya yang serupa.