Berita

Dalam upaya meningkatkan potensi kinerja lebih baik, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) mengikuti Munaqosah Pra Raker 2024, Senin (19/2). Acara yang diadakan di perpustakaan UINSA ini, dipimpin langsung oleh rektor, Prof. Akh. Muzakki, S.Ag., M.A., Ph.D., serta dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. H. Ali Mudlofir, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Wiwik Setiyani, M.Ag.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Abdul Muhid, M.Si.

Pada kesempatan tersebut dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D., beserta para wakil dekan, Prof. Mukhammad Zamzami, M.Fil.I., Dr. Khoirul Umami, M.Ag., dan Dr. Andi Suwarko, M.Si., mempresentasikan potensi capaian kinerja dan pendapatan FUF, serta mengajukan lima butir inovasi yang diharapkan akan membawa fakultas ini ke level yang lebih tinggi.

Pertama, inovasi yang diusung adalah internasionalisasi jurnal. FUF berencana untuk meningkatkan eksposur jurnal-jurnal yang ada ke tingkat internasional, membuka peluang bagi peneliti dan akademisi untuk lebih terlibat dalam diskusi global dan meningkatkan citra fakultas di mata dunia.

Kedua, FUF mengusulkan pembuatan jurnal baru sebagai langkah untuk menjangkau lebih banyak topik dan memperluas cakupan riset yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Ketiga, FUF juga berkomitmen untuk mendukung pengelolaan jurnal di kalangan ma’had aly se-Indonesia dengan mengadakan workshop khusus. Dengan menyasar 57 ma’had aly yang tersebar di seluruh Indonesia, workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola jurnal ilmiah.

Keempat, FUF berencana menginisiasi workshop pengelolaan jurnal khusus untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh PTKIN serta memperkuat kolaborasi antarlembaga.

Kelima, FUF mencetuskan layanan terapi psikosufistik sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pendekatan holistik. Layanan ini diharapkan dapat membantu para penyintas menghadapi tantangan mental dan emosional yang dialami.

Dengan serangkaian inovasi ini, FUF diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan pengembangan mahasiswa, serta menjadikan fakultas ini sebagai pusat keunggulan dalam bidangnya. Semangat berinovasi FUF ini pun mendapat dukungan penuh dari pimpinan universitas dan seluruh pihak terkait lainnya. (Khalimatu Nisa)