Berita
Koordinasi Pimpinan Dekanat dengan Kaprodi FSH terkait Rapat Plotting Mata Kuliah Semester Ganjil 2023-2024
Koordinasi Pimpinan Dekanat dengan Kaprodi FSH terkait Rapat Plotting Mata Kuliah Semester Ganjil 2023-2024

Selasa, 27 Juni 2023 seluruh jajaran para pimpinan yang terdiri dari Dekanat, Kaprodi, Sekprodi, dan KaSubBag Akademik mengadakan rapat plotting. Rapat ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan setiap 6 bulan sekali dalam rangka menyambut semester baru. Hal tersebut perlu dilakukan agar setiap progam studi mendapatkan mata kuliah dan dosen yang sesuai dengan bidangnya. Pemetaan dan finalisasi pengaturan dan penjadwalan mata kuliah dipersiapkan agar setiap dosen dapat memiliki beban mengajar yang sama rata. Kegiatan ini diselenggarakan juga mempertimbangkan banyak aspek lain. Seperti, melihat kebutuhan apa saja yang diperlukan setiap progam studi yang ada. Oleh sebab itu, fakultas selalu berupaya menyiapkan yang terbaik bagi mahasiswa/i Fakultas Syariah dan hukum (FSH).

Rapat Plotting Mata Kuliah Semester Ganjil 2023-2024
Rapat Plotting Mata Kuliah Semester Ganjil 2023/2024

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari proses yang dapat meningkatkan kualitas dan mutu. Kegiatan ini akan menghasilkan jadwal mata kuliah semester ganjil 2023-2024. Proses dalam melaksanakan kegiatan ini menjadi sebuah tantangan baru bagi FSH, karena ada program baru yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang harus diterapkan pada semester ganjil 2023-2024.

Program MBKM bisa menjadi bagian yang sangat baik dalam proses peningkatan kualitas dan mutu FSH. Selain itu, penerapan mata kuliah yang lebih beragam menjadi sebuah inovasi yang bisa diimplementasikan oleh FSH. Setelah itu, FSH dapat memperkuat dasar mata kuliah (islam dan hukum) dengan dukungan dari mata kuliah yang lain (sosial, komputer, matematika, ekonomi dan lain – lain). Sehingga mahasiswa FSH bisa menjadi lebih unik melalui MBKM tidak hanya itu, mahasiswa FSH bisa mempersiapkan diri lebih baik dengan perubahan zaman yang lebih cepat. Terutama mahasiswa FSH dapat bersaing dengan mahasiswa Syariah dan Hukum atau Hukum dari PTKIN yang telah lebih dulu menerapkan MBKM, ataupun PTN yang telah lebih dahulu menerapkan MBKM.