Berita
Mahasiswa Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA Magang di OASA
Mahasiswa Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA Magang di OASA

Sebanyak 6 orang mahasiswa/i dari Progam Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan magang di Observatorium Astronomi Sunan Ampel Surabaya (OASA). Mahasiswa/i tersebut berasal dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Mereka melakukan kegiatan magang mulai dari tanggal 26 Juli – 4 Agustus 2023. Selama kegiatan magang, seluruh mahasiswa/i dari ITERA ini di dampingi oleh Bapak Novi Sopwan, M.Si.

Progam Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan di ITERA fokus terhadap riset atmosfer (bumi) dan keplanetan. Adapun kelompok keilmuan di Progam Studi ini dibagi menjadi 3 macam. Pertama adalah Sains Atmosfer, kedua adalah Sains Keplanetan, dan yang ketiga adalah Sistem Akuisisi dan Data Sains Dirgantara. Hal-hal yang akan dipelajari yaitu seputar perubahan cuaca dan iklim yang ada di bumi, fenomena atmosfer, ruang angkasa dan planet-planet di tata surya.

Keenam mahasiswa/i dari Progam Studi SAP ITERA terlihat fokus terkait pemaparan materi yang dijelaskan oleh dosen pembimbing magang. Mereka banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru dari tim OASA FSH UINSA. Mereka tertarik untuk magang di OASA karena dirasa sesuai dengan bidang keilmuan yang mereka jalani saat ini. Selain itu, alat-alat praktek untuk melihat benda di luar angkasa milik OASA juga cukup lengkap dan memadai.

Meskipun waktu magang begitu singkat karena hanya sekitar satu minggu, namun para mahasiswa/i ITERA tetap semangat untuk belajar. Prodi ASAP ini merupakan Prodi yang cukup diminati karena peluang prospek karirnya tinggi. Lulusannya bisa bekerja sebagai peneliti BMKG, BPPT, LAPAN, Konsultan IT, Sistem Navigasi, dan masih banyak lagi.