Berita

Gunung Anyar, Surabaya – Senin (03/10/2022), Fakultas Psikologi dan Kesehatan telah menggelar pengayaan kompetensi bagi mahasiswa semester 7. Acara berlangsung di auditorium Gedung FPK lantai 2 Kampus UINSA Gunung Anyar. Kegiatan ini menghadirkan Ibu Dian Fakhrunnisak, S.Psi., M.A dari Universitas Gadjah Mada sebagai narasumber. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang penelitian khususnya dalam proses penyelesaian tugas akhir skripsi.

Materi yang dibawakan ialah mengenai Big Data Analysis: Bagaimana Menggunakannya? Dan Aplikasi Penggunaan dalam Riset. Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali oleh sambutan singkat dari moderator yang bertugas, M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. Kegiatan dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan I Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si.. Dalam sambutannya, beliau mendorong mahasiswa untuk mau belajar inovasi baru khususnya dalam bidang penelitian psikologi. “Sesuatu yang baru itu belum tentu tidak enak. Mungkin saja kita hanya tidak terbiasa”. 

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan kepada narasumber, Dian Fakhrunnisak, S.Psi., M.A dari Universitas Gadjah Mada. Acara inti dimulai dengan penyampaian materi oleh narasumber yang didampingi oleh moderator dari mahasiswa, yakni Fawwaz Syafril Dirana. 

Dalam paparannya, kandidiat doktor psikologi UGM ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengolahan data Indonesian Family Life Survey (IFLS). Data IFLS merupakan hasil survei longitudinal yang telah dilakukan selama beberapa dekade di beberapa Provinsi di Indonesia. Selain jumlah sampel yang mencapai puluhan ribu orang, data ini dapat diunduh secara gratis sehingga memiliki potensi yang besar untuk digunakan dalam riset tugas akhir. Lebih dari itu, telah banyak artikel penelitian psikologi menggunakan data IFLS yang terbit di jurnal internasional dengan _impact factor_ tinggi.

Meskipun materi kuliah tamu ini cukup berat, peserta sangat antusias. Mereka melontarkan berbagai pertanyaan terkait penelitian yang akan mereka lakukan untuk keperluan skripsi. Di akhir acara, panitia memberikan doorprize bagi mahasiswa yang bertanya. Kegiatan resmi ditutup pada pukul 12.30 WIB. Diharapkan kegiatan pengayaan kompetensi penelitian ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa semester 7, khususnya mereka yang sedang menyusun skripsi sebagai syarat lulus.