Berita

Lowokwaru, Malang — (11/01/2024) Bertandang ke Kota Malang, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) turut serta dalam serangkaian kegiatan Seminar Nasional dan Teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Jawa Timur.

Adapun perwakilan dari pihak FPK yang hadir, antara lain; Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan, Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wadek 1, dan Rizma Fithri, S.Psi, M.Si selaku Ketua Laboratorium.

Seminar Nasional yang bertajuk Strategi Mencegah dan Menangani Bullying melalui Pendekatan Psikologi Pendidikan itu memaparkan perihal perundungan dalam perspektif pendidikan. Perundungan merupakan fenomena yang harus mendapat perhatian lebih, dalam hal ini diperlukan keterlibatan iklim sekolah dan peran orang tua dalam menunjang perilaku dan emosional positif anak.

Dalam dunia maya, perilaku perundungan disebut cyber-bullying. Isu ini tentu saja menjadi hal yang penting, terlebih karena kegiatan anak muda banyak dihabiskan dengan berselancar di media sosial.

Tidak kalah menarik, bahasan selanjutnya menyinggung terkait Adiksi, dalam seminar tersebut dijelaskan bahwa seorang anak dapat mengalami kecanduan dikarenakan oleh melimpahnya kebahagiaan instan pada dopamin, sehingga anak tersebut memiliki keinginan untuk mengulang kembali perilaku.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara FPK dengan APPI Jawa Timur. Momentum penandatanganan MoU ini diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang positif, mendorong perubahan, dan memberikan kontribusi nyata antara kedua belah pihak.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Ayda Zaqiyatunnisa