Berita

Surabaya – (05/03/2024) Sebagai arahan awal menentukan karir dan prospek kerja, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) menggelar kegiatan Orientasi Keprodian dengan tema “Jenjang Karir dan Prospek Kerja Psikologi”. Bertempat di Auditorium FPK lantai dua, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester dua Program Studi (Prodi) Psikologi dengan mendatangkan Dr. Hetty Rahmawati, S.Psi, M.Si. sebagai narasumber.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. selaku Wakil Dekan 1 FPK. Melalui kegiatan ini, beliau berharap mahasiswa lebih memperluas wawasan dalam perencanaan karir dengan melihat prospek kerja.

Dalam sesi materinya, Dr. Hetty Rahmawati, S.Psi, M.Si. lebih banyak menekankan pada peningkatan kompetensi mahasiswa. Ia menilai kompetensi ini wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa psikologi mengingat persaingan kerja yang semakin ketat di masa depan. Ada tiga unsur utama yang beririsan membentuk kompetensi dan perlu diasah selama masa kuliah, yakni: Knowledge atau pengetahuan, Attitude atau sikap, dan Skills.

“Di Indonesia saat ini, 80% orang bekerja nggak sesuai jurusannya. Tapi, jenjang karir itu (lulusan psikologi) ditentukan oleh luasnya kompetensi yang dimiliki.” Tutur Dr. Hetty saat menjawab pertanyaan dari salah satu mahasiswa.

Di akhir sesi acara, Tatik Mukhoyyaroh, S.Psi., M.Si selaku moderator memberikan kesimpulan bahwa persaingan kerja yang ketat saat ini dapat diatasi dengan peningkatan kompetensi melalui berbagai kegiatan dalam maupun luar kampus.

Dengan adanya kegiatan orientasi keprodian ini, harapannya mahasiswa Psikologi FPK UINSA khususnya yang saat ini menginjak semester dua bisa lebih aktif dalam berbagai kegiatan di dalam atau di luar kampus, dan bisa membuat jejaring seluas-luasnya.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: Najwa Laska