Berita

“Forum Group Discussion Kelompok Studi Lingkungan” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Forum Group Discussion merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Kelompok Studi Lingkungan yang mana bentuk kegiatannya adalah diskusi antar peserta mengenai sebuah isu lingkungan yang aktual atau terkini.

Kegiatan Forum Group Discussion diadakan sebanyak 5 kali. Pelaksanaan pertama diadakan pada 30 Juli 2023, pelaksanaan kedua diadakan pada 14 Agustus 2023, pelaksanaan ketiga diadakan pada 15 November 2023, pelaksanaan keempat diadakan pada 22 November 2023, pelaksanaan kelima diadakan pada 26 November 2023.

Tujuan diadakannya acara Forum Group Discussion  HMTL UINSA adalah untuk mewadahi atau memfasilitasi aspirasi dan minat mahasiswa teknik lingkungan UINSA terhadap isu atau permasalahan lingkungan, menjalin relasi dengan komunitas, organisasi, maupun aktivis yang bergerak di bidang konservasi lingkungan, menyediakan informasi dalam bentuk publikasi dan campaign terkait perkembangan isu atau permasalahan lingkungan yang telah dikaji, memberikan kontribusi terhadap upaya penyelesaian permasalahan lingkungan yang telah dikaji bersama.

Forum Group Discussion I dan II dilaksankan secara daring melalui Google meeting. Kegiatan FGD dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh RnD, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana. Selanjutnya dilakukan penyampaian topik oleh peserta, lalu seorang penanggung jawab isu pembahasan akan memaparkan isu yang akan dijadikan topik diskusi. Diskusi ini dilakukan oleh seluruh peserta KSL yang ingin menyampaikan pendapatan ataupun berdiskusi bersama mengenai topik yang disampaikan. Setelah waktu diskusi selesai, RnD akan menarik kesimpulan dari hasil diskusi dalam forum tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan dan sesi dokumentasi seluruh peserta.

Adapun kegiatan Forum Group Discussion III, IV dan V Kelompok Studi Lingkungan dilakukan secara luring di ruang kelas Gedung FST Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya. Rangkaian kegiatan FGD ini tidak berbeda dengan FGD sebelumnya, yang mana dimulai dengan pembukaan dan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian topik, lalu penanggung jawab isu pembahasan akan memaparkan isu yang akan dijadikan topik diskusi, dan dilanjutkan kan sesi diskusi oleh seluruh peserta KSL.