Berita

“Pelatihan Desain Grafis” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Saat ini perkembangan aplikasi-aplikasi di bidang teknologi informasi mempunyai dampak besar di berbagai bidang kehidupan, salah satunya yakni desain grafis. Kebutuhan desain diperlukan agar penyampaian informasi lebih jelas sehingga masyarakat dapat dengan mudah memahami informasi tersebut. Maka dari itu diperlukan pelatihan kepada mahasiswa agar mereka bisa mengikuti perkembangan dan mampu memanfaatkannya untuk bekal setelah mereka lulus.

Berdasarkan  hal tersebut, maka Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan Pelatihan Desain Grafis yang bertemakan “Mengembangkan Kreatifitas Diri Melalui Design Seni dalam Grafis” sebagai wadah atau tempat Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA dan umum untuk mengasah kemampuan di bidang Desain Grafis.

Motto dari kegiatan Pelatihan Desain Grafis ini adalah Firman Allah SWT. Yang tercantum pada Q.S Al-Baqarah ayat 219, yang memiliki arti:

Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.”(Q.S. Al-Baqarah ayat 219).

Pelaksanaan Pelatihan Desain Grafis ini dilaksanakan secara luring di Ruang Kelas 9.4 dan 9.6 Gedung FST Lt. 9, Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 18 November 2023 yang dimulai pada pukul 09.00 s.d 12.00 WIB.

Sambutan pertama dilakukan oleh Ibu Ir. Shinfi Wazna Auvaria, S.T, M.T selaku Ketua Program Studi Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Moh. Fakkaruddin Rafi selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya dan Isna Salsabila selaku Ketua Pelaksana Pelatihan Desain Grafis.

Sebelum penyampaian materi diberikan pre test. Materi Pelatihan Desain Grafis kali ini berupa pengenalan Desain Grafis dan tools-nya disertai dengan praktek membuat poster/infografis dengan pemateri Muhammad Fa’iz. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan Sesi tanya jawab dan diberikan post test, serta penyampaian KPP. Kegiatan Pelatihan Desain Grafis selesai pada jam 12.00 WIB.

Demikian dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan skill mahasiswa dalam bidang desain grafis, sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kedepannya dalam penyampaian informasi.