Berita

FDK UINSA Newsroom, Selasa (24/01/2023); Pada Senin (23/01) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pemetaan bagi mahasiswa Progam Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB bertempat di Rumah Cita Salsabila RW 02 Pulosari, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya.

Pembekalan pemetaan tersebut dihadiri oleh Koordinator FDK UINSA, Hasymiyatul Mukriyati, S.Ag, MM., Sekretaris Jurusan Dakwah Dra. Psi. Mierrina, M.Si., Ketua Progam Studi PMI Yusria Nigsih, S.Ag., M.Kes., Sekretaris Progam Studi PMI Nihlatul Falasifah, MT, serta beberapa dosen FDK UINSA.

Yusria Ningsih, S.Ag., M.Kes. pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pemetaan yang dilakukan oleh mahasiswa PMI di Kampung Pulosari RW 02 merupakan bagian dari mata kuliah sekaligus bagian awal dari program Kampoeng Mandiri Bergerak yang diinisiasi FDK UINSA untuk masyarakat RW 02 Pulosari tersebut. Rencananya, PPL Pemetaan yang dilakukan di RW 02 Pulosari akan dilaksanakan selama satu bulan.

“Adapun alur rencana kerja dari pemetaan ini yakni, minggu pertama harus selesai melakukan pemetaan dan selambat-selambatnya dalam kurun waktu 2 minggu. Minggu ketiga input data serta minggu keempat memasukkan data ke aplikasi,” terang Yusria Ningsih, S.Ag., M.Kes.

Dosen PMI sekaligus sebagai narasumber dalam pembekalan pemetaan, Dr. Agus Afandi, M.Fil.I, menyampaikan bahwa mahasiswa dalam melakukan pemetaan harus serius sehingga bisa mendapatkan data yang benar-benar valid. Data pemetaan tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk program selanjutnya.

“Misalnya, terkait data warga miskin yang menjadi pedoman untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), harus benar datanya, agar bantuan yang disalurkan tidak salah sasaran. Data yang valid ini juga sebagai pertanggung jawaban dari mahasiswa dalam melakukan pemetaan,” terang dosen yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UINSA. Selama satu bulan, mahasiswa PMI akan melakukan pemetaan di RW 02 Pulosari Surabaya. Target output dari pemetaan ini adalah peta digital dan manual, buku profil, serta video dokumenter. Ke depan, hasil pemetaan tersebut akan dipresentasikan di depan Lurah oleh para mahasiswa. (Nur Alifa)