Berita
FAHUM UINSA Gelar 4 Seminar Internasional Secara  Serentak  Dalam 1 Hari

Tangkapan layar salah satu acara seminar internasional online yang diadakan oleh FAHUM UINSA 

Pada hari Sabtu  (24/8), Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel  (UINSA) Surabaya, telah resmi mengadakan seminar internasional secara online (daring) yang bisa diikuti melalui aplikasi Zoom dan akun youtube FAH UINSA. Adapun seminar internasional ini bukan hanya diselenggarakan oleh satu  Program Studi (prodi) saja, akan tapi serentak diselenggarakan oleh semua prodi yang ada di FAHUM.

Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), mengadakan acara seminar pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang. Tema yang diusung dalam seminar ini sangat aktual, yakni Historical Narratives of Muslim Minority (Past, Present & Future), yang mana para pemateri dari webinar ini di isi oleh 3 pembicara ternama, di antaranya Dr. Muhammad Khodafi, M.Si. dari UINSA sendiri, selanjutnya ada Prof. Ahmad Najib Burhani, Ph.D. dari BRIN, dan terakhir ada Mohammad Reyaz, Ph.D dari Universitas Aliah, di India. 

Dilanjut dengan Prodi Sastra Indonesia, yang  juga mengadakan seminar online di jam dan hari yang sama, di mana pada acara seminar mereka menggunakan tema Peran Media Massa Bagi Pelajar Bipa &  Perkembangan Karir Pengajar Bipa. Dalam sesi seminar yang dipandu oleh Rizki Endi Septiyani selaku Sekertaris Prodi Sastra Indonesia, juga mengundang 3 pemateri, yakni Dr. Phil. Kamal Yusuf, SS , M.Hum yakni Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAHUM, lalu ada Dr. Daria Zozula selaku Asistan Profesor di Universitas Adam Mickiewicz & Universitas Poznan, dan juga ada Esie Hanstein  selaku Dosen di Universitas Leipzig & Universitas Humboldt Berlin di Jerman.

Di Prodi Sastra Inggris. Mereka mengadakan tema Language, Literature & Gender. Sesuai dengan temanya semua pemateri ini juga di isi oleh para pemateri wanita. Nama-nama pematerinya ada Evynurul Laily Zen, Ph.D dari Universita Negeri Malang, Itsna Syahadatud Dinurriyah, M.A. selaku PGR di Universitas Leeds di Britania Raya, dan pembicara utamanya adalah Enas Reda Tawfik Hilal dari Universitas Al-Azhar, Mesir.

Dan untuk prodi dari Bahasa dan Sastra Arab juga tidak ketinggalan, mereka mengadakan seminar dengan tema Bahasa Arab di Indonesia: Dikaji dari Dalam & Luar. Dengan 3 pembicara yakni, Dr. H. Mohammad Kurjum, M.Ag. Selaku Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya, lalu ada Dr. Ali Abdullah Asy-Sya’ari  selaku Ketua Divisi Bahasa Internasional Modern Arabic School, Malaysia, dan ada H. Abdul Wahab Naf’an, MA. Sebagai peneliti di Universitas Suez Canal, Mesir.

Dalam sesi pembukaan Bapak Muhammad Kurjum, selaku Dekan FAHUM menyambut sejumlah pemateri yang akan mengisi seminar ini, tak lupa beliau juga menyinggung agenda yang akan dilaksanakan oleh pihak FAHUM. ” Insya Allah mahasiswa dari FAHUM akan kita kirim untuk menjalani Student Exchange ke Sultan Sharif Ali Islamic University (UNISSA) di Malaysia” tutur beliau dalam bahasa Arab. Seminar ini berjalan begitu lancar, yang mana dalam pelaksanaanya berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam. Selain di ikuti oleh para panitia dan pembicara, juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa FAHUM UINSA.