Berita

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Mr. Jess Dutton mengunjungi Kampus A. Yani UIN Sunan Ampel untuk menghadiri acara kuliah umum yang diselenggarakan di ruang Amphitheater lantai 3 Tower Teuku Ismail Yakub. Dalam acara itu, Mr. Jess Dutton berkesempatan untuk menyampaikan strategi Kanada dalam kerjasama di wilayah Indo-Pasifik.

Kunjungan Mr. Jess Dutton ke kampus A. Yani merupakan bagian dari serangkaian agenda Kedutaan Besar Kanada di Surabaya. Kunjungan ini menjadi bagian dari kunjungan resmi di Surabaya yang akan berlangsung sejak tanggal 26-28 Februari. Agenda kunjungan tersebut juga menjadi kali pertamanya Mr. Jess Dutton berkunjung ke Surabaya, “Ini menjadi kali pertama saya mengunjungi Surabaya, bahkan mungkin kali pertama saya berkunjung ke luar Jakarta setelah sebelumnya saya menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo” ujar Dutton dalam pidato pembukanya di UIN Sunan Ampel.

Dalam agenda kunjungan hari pertamanya, Mr. Jess Dutton diagendakan untuk mengunjungi Kampus A. Yani UIN Sunan Ampel, untuk menjadi pemateri utama dalam kuliah umum bertajuk “ Canada’s Strategy In The Indo-Pacific ”. Acara yang berlangsung di ruang Amphitheater tersebut di buka dengan sambutan dari Rektor UIN Sunan Ampel, Prof. Akh. Muzakki,  kemudian dilanjutkan dengan pidato pembuka dari Mr. Jess Dutton selaku duta besar Kanada dan kemudian berlanjut ke materi utama berupa pemaparan strategi Kanada dalam urusan kerjasama di wilayah Indo-Pasifik, khususnya Indonesia.

Dalam pemaparan tersebut, Mr. Jess Dutton menyampaikan akan menjalin banyak kerjasama dengan Indonesia di berbagai aspek, mulai dari militer-pertahanan, ketahanan pangan, pendidikan dan juga masalah perubahan iklim. Beliau juga menyinggung tentang sampah plastik sebagai masalah utama lingkungan dan ingin segera menjalin kerjasama dengan Indonesia dalam mengatasi masalah sampah plastik.

Acara ini berlangsung sejak pukul 14.30 sampai dengan 16.00, dan berlangsung dengan lancar serta kondusif hingga akhir acara. Acara ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari banyak jurusan dan fakultas, selain itu acara ini juga turut dihadiri oleh jajaran staff dan tenaga pendidik UIN Sunan Ampel. Acara ini menjadi momen tersendiri bagi para peserta, terutama mahasiswa UIN Sunan Ampel dalam mengenal aktivitas politik luar negeri, khususnya dalam kerjasama bilateral Indonesia-Kanada.

Pada acara ini juga turut diadakan sesi tanya jawab antara Mr. Jess Dutton dan para peserta. Salah satu peserta bernama Juliansyah Akbar yang juga sempat melontarkan pertanyaan pada sesi tanya jawab, menyatakan bahwa dirinya merasa sangat beruntung dan teredukasi dalam acara ini, “Acara nya sangat edukatif dan seru sekali, terutama bagi saya sebagai orang yang awam dalam masalah politik dan kerja sama luar negeri” ujarnya. Selain itu, Ia juga berharap agar acara seperti ini kedepannya bisa dihadirkan secara rutin untuk menambahkan pemahaman dan ilmu baru pada mahasiswa, “Saya sendiri selaku mahasiswa hubungan internasional berharap sekali agar kedepannya dapat mendatangkan banyak narasumber yang datang langsung untuk memberikan kita pemahaman tentang kegiatan-kegiatan luar negeri” (YA/AC).