Berita

UINSA Newsroom, Rabu (30/11/2022); Dua delegasi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang terdiri dari enam mahasiswa berhasil meraih Juara 2 dan 3 dalam Lomba Debat Kebangsaan Mahasiswa tingkat Nasional yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kompetisi ini diselenggarakan di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum pada Sabtu, 27 November 2022 dan diikuti berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Tim mahasiswa juara 2 terdiri dari Poppy Octaliana (Pendidikan Matematika-FTK), Jennie Nabilah (Pendidikan Matematika-FTK), Arifatun Nazila (Ilmu Ekonomi-FEBI). Tim mahasiswa juara 3 berasal dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Terdiri dari Trisna Febby Nurlaily, Ahmad Fadhlullah, dan Maftuhah Nurmalika Febrianti. Selain itu, mahasiswa yang bernama Jennie Nabilah berhasil meraih penghargaan “Best Speaker” dalam Lomba Debat Kebangsaan Mahasiswa tingkat nasional tersebut.

Tema yang diusung pada kompetisi debat kali ini yaitu ‘Pancasila Sebagai Pedoman Peran Pemuda Dalam Menitih Kemajuan Negara Bangsa.’ Adapun topik yang diperdebatkan pun mengangkat isu kebangsaan seperti tentang pendidikan, hukum, sosial dan budaya, teknologi, politik dan ekonomi.

Dalam mempersiapkan perlombaan, mahasiswa angkatan 2021 itu mengaku melatih cast building, public speaking, dan critical thinking dengan banyak membaca topik-topik yang berkaitan dengan tema tersebut. Tak hanya membaca dan menganalisis, Trisna Febby Nurlaily menuturkan, persiapan selama kurang lebih dua minggu ini juga dilakukan dengan mengadakan simulasi debat yang dilaksanakan hampir setiap hari sampai perlombaan dimulai.

“Persiapan lomba ini dibimbing oleh dosen sekaligus Sekretaris Prodi, Dr. Arif Mansyuri, S.Pd.I, M.Pd., serta dimentori oleh mahasiswa MPI angkatan 2019 yakni Eka Shasmita Devy, Achmad Deydik Kurniawan dan M. Setiawan Nurmasriadin” terang mereka.