Berita

@Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Wednesday, 8 June 2022

Dorong Mahasiswa dengan Raih Prestasi Melalui Lomba Menulis

Surabaya, 7 juni 2022 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UINSA kembali mengadakan Seminar Nasional dan Lomba Penulisan Artikel Ilmiah dengan tema Academic Wiriting: “Millenial Membangun Bangsa di Era Pasca COVID-19”. Acara seminar ini dilaksanakan di Hall FISIP UINSA lantai 5. Dalam kegiatan kali ini, pemateri yang hadir dalam acara ini adalah Ibu Wina Bojonegoro dan Bapak Samsul Arifin, S. Sos, M.Ag. dengan moderator Bapak M. Jave Zulkarnaen, MA dan Ibu Ajeng Widya Prakasita, MA sebagai pembawa acara.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di FISIP. Acara seminar ini dilakukan secara luring dan mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Prof. Dr. Hj. Wiwik Setiani, M. Ag. selaku Wakil Dekan 2 FISIP UIN Sunan Ampel mengharapkan melalui kegiatan tersebut, mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan menulis sebagai tuntutan seorang akademisi dengan berbagai cara diantaranya, dapat menggabungkan bacaan yang diambil dari berbagai macam sumber untuk disusun kembali dalam bentuk karya ilmiah. “Dengan melakukan Penulisan Karya Ilmiah ini kita harus merekonstruksi materi yang kita baca dengan menggunakan bahasa diri kita sendiri, sesuai dengan pemahaman nalar kita menulis adalah gaya Bahasa kita yang memiliki cirikhas. Karena itu, FISIP mendorong mahasiswa untuk berprestasi dengan lomba menulis yang kita gelar hari ini.” mengangkiri sambutannya  saat membuka acara seminar.

Saat seminar berlangsung, Ibu Wina Bojonegoro sebagai pemateri menyampaikan bahwa, pentingnya menulis kepada para peserta yang hadir. Dengan menulis kita mendapatkan manfaat yang sangat banyak, yaitu mengabadikan diri, memberi manfaat dan memberikan inspirasi kepada masyarakat. Selain itu, beliau juga menekankan kepada peserta untuk tertarik belajar menulis, dikarenakan banyak segudang manfaat yang akan didapatkan. Sebagai pemateri kedua, Bapak Samsul Arifin, MA. menjelaskan bagaimana membuat karya tulis ilmiah yang baik. Menurutnya, kepenulisan karya tulis ilmiah ini akan sangat berguna bagi mahasiswa saat menempuh tugas akhir.

“Kepenulisan karya tulis ilmiah tidak hanya kegiatan menulis semata namun, juga terdapat aturan-aturan dan sistematika yang harus diperhatikan” ungkap mantan Jurnalis tersebut. Setelah acara seminar ini selesai, panitia mengumumkan peserta yang berhasil memenangkan perlombaan karya tulis ilmiah. Para pemenang karya tulis ilmiah kemudian diberikan penghargaan oleh fakultas sebagai bentuk kepedulian terhadap karya tulis mahasiswa. (samsul)