Berita

Program Studi (Prodi) Sastra dan Indonesia (Sasindo) Fakuktas Adab & Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya telah sukses menggelar acara Dies Natalis yang ke-4. Acara itu dilaksanakan secara luring melalui aplikasi Zoom pada hari Kamis pagi (6/10).

Tema yang digunakan adalah “Peran dan Eksistensi Bahasa Indonesia pada Era Modernisasi”, yang mana dalam acara ini mengundang 2 pemateri. Yang pertama Dr. Umi Kulsum, M.Hum, selaku Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, dan ada Dr. Suhartono, M.Pd,  selaku Kepala Prodi (Kaprodi) Pasca Sarjana Bahasa dan Sastra Indonesia di UNESA.

Dalam sambutannya Haris Shofiyudin M.Fil.I., selaku Kaprodi Sasindo mengatakan “Bahasa Indonesia, bahasa kita semua”. Beliau menambahkan jika masyarakat Indonesia sepatutnya bangga dengan bahasa Indonesia, yang keberadaanya sekaligus menjadi salah satu bahasa yang ada (eksis) di dunia.

Selaras dengan sambutan yang disampaikan Haris Shofiyudin, pemateri pertama juga mengatakan jika keberadaan bahasa Indonesia sangat vital bagi masyarakat Indonesia sendiri. “Bahasa Indonesia itu penting, sebagai bahasa nasional dan bahasa negara” tutur Dr. Umi Kulsum, M.Hum. Dalam penyampaian materinya, beliau  menjelaskan mengenai keberadaan bahasa Indonesia dan penggunaanya dalam instansi dan dalam masyarakat di era sekarang, di tengah keberadaan bahasa daerah yang tidak kalah penting, dan di tengah keberadaan bahasa asing yang semakin digemari masyarakat Indonesia.

Berlanjut ke pemateri kedua, Dr. Suhartono, M.Pd, menjelaskan materi mengenai bahasa Indonesia, dengan pembahasan yang berfokus pada eksistensi bahasa Indonesia di era modern (sekarang). Dalam penjelasannya beliau juga menjelaskan mengenai sejarah bahasa Indonesia, pengembangan bahasa Indonesia,  sampai penggunaan bahasa Indonesia dalam studi keilmuan di bidang akademik.