Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Thursday, 10 March 2022

DALAM RANGKA SKEMA KERJASAMA MBKM & PENGELOLAAN LABORATORIUM, FST UINSA BERKUNJUNG KE FT UGM DAN FTSP UII YOGYAKARTA

Menindaklanjuti Kerjasama yang telah dilakukan pada FDTI (Forum Dekan Teknik Indonesia) pada awal Februari lalu, FST UINSA melakukan kunjungan ke FT UGM & FTSP UII YOGYAKARTA pada 7-8 Maret 2022. Menurut Dekan FST UINSA, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusdiyah., kunjungan ini dilakukan sebagai tindaklanjut rencana kerjasama dalam hal Tridharma Perguruan Tnggi dan program MBKM serta pengelolaan laboratorium dalam bidang Teknik, sekaligus dalam rangka penyusunan kurikulum bagi prodi baru Teknik Sipil.

Kunjungan yang dipimpin Dekan FST UINSA ini juga turut serta Wakil Dekan bidang 1 dan bidang 2 juga Kaprodi Arsitektur dan Kaprodi Teknik Sipil yang disambut oleh Dekan Fakultas Teknik UGM beserta jajarannya di Ruang rapat PSIT (Pusat Studi Ilmu Teknik). Prof. Selo., S.T., M.T., PhD yang juga merupakan Ketua Forum Dekan Teknik Indonesia, dalam sambutannya dan ditegaskan pula oleh wakil dekan, bahwasanya FT UGM menyambut baik Kerjasama-kerjasama yang akan dilakukan, sekaligus memaparkan bahwa pengelolaan Lab. Di FT UGM di dasarkan pada KBK (kelompok Bidang Keahlian) dengan penanggung jawab Bidang Keahlian juga merupakan ketua Lab, yang bersangkutan. Menjelaskan lebih lanjut, bahwa penelitian yang berbasis Lab, sedang dibangunkan Gedung pusat riset yang akan menaungi 8 tema riset engineering.

Pada hari berikutnya 8 maret 2022, kunjungan bergeser ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII. Disambut oleh dekan FTSP, yang juga merupakan ketua tim penyusun kurikulum Badan Musyawarah Pergutuan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) Miftakhul Fauziah., S.T., M.T., PhD, beserta sekertaris jurusan Teknik Sipil dan para Kaprodi/perwakilan Prodi Arsitektur, Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil, serta Koordinator Pengelola Laboratorium Teknik Sipil, di Ruang Sidang Teknik Sipil.

Kegiatan di FTSP UII dibagi dalam 2 sesi, yaitu diskusi pertama tentang pengelolaan MBKM. FTSP secara umum membagi kedalam beberapa skema-skema yang dapat dipilih oleh mahasiswa, dimana setiap skema menerapkan syarat tertentu atau khusus yang di desain oleh masing2 prodi dengan tujuan setiap mahasiswa akan dapat melakukan program MBKM dengan lebih terarah

Sesi diskusi kedua tentang pengelolaan Lab, ini ditutup dengan berkeliling mengunjungi semua Lab, Teknik Sipil. Sekaligus dijelaskan bahwa Lab dikelola berdasarkan KBK yang ada. Selain melakukan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen untuk praktikum dan penelitian, lab juga memberikan pelayanan pengabdian serta pelayanan umum kepada masyarakat.