Berita

Salah satu Muwajjih Li tahfidz Al-Qur’an (Pembimbing Setoran Hafalan al-Qur’an) sekaligus Dosen atau Tutor Ta’lim Ma’hadi Pusat Ma’had Al-Jamiah UIN Sunan Ampel Surabaya, tahun ini melakukan Safari Dakwah Ramadhan 1445 H di luar negeri tepatnya di negeri Ginseng, Korea Selatan. Mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, Kegiatan ini telah mendapatkan surat mandat dari Direktur atau Kepala Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag. dengan Nomor Surat B 039/Un.07/01/MAJ/HM.01/05/2024. Surat mandat atau surat tugas ini berdasarkan program Pengiriman Da’i ke Korea Selatan atas kerjasama Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dengan PCINU Korea Selatan.


Safari Dakwah bulan suci Ramadan di Korea Selatan ini berlangsung dari 19 Maret hingga 13 April 2024. Selama di luar negeri, sosok yang akrab dipanggil dengan Ustad Munajib ini melaksanakan program safari dakwah bersama dengan 7 Dai Muda dan 6 Dai Akademisi yang terpilih Indonesia lainnya. Para Dai memberikan Ceramah selama bulan Ramadhan kepada Jamaah di Masjid sesuai dengan penempatan daerah yang telah ditentukan, Dan Achmad Munajib, S.Si., M.Ag berfokus di 부산광역시 강서구 송정동 Masjid al-Kautsar, Songjeong-dong, Gangseo-gu, Busan, Korea Selatan. Beliau juga turut andil dalam mensukseskan program 2024 The Holy Qur’an recitation competition di Masjid al-Fatah Busan.
Selama masa safari dakwah di Korea Selatan, Achmad Munajib menunjuk 2 Mubaddil pengajar perkuliahan dan 1 Musyrif li tahfidz al-Qur’an. Sedangkan sebagian tugasnya sebagai imam di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya telah dilakukannya diawal bulan ramadhan sebelum keberangkatan. Kegiatan muwajjih li tahfidz al-Qur’an dan Ta’lim Ma’hadi berikutnya akan tetap dilakukan sesuai dengan kalender akademik setelah kepulangannya ke tanah air Indonesia.
Kegiatan safari dakwah ramadhan tersebut memberikan kontribusi bagi UINSA terutama dalam meningkatkan penguatan pengabdian kepada masyarakat. Mengibarkan Sayap dakwah Kajian keilmuan Pusat Ma’had al-Jamiah UINSA kepada Umat. Kajian kitab Risalah ahlussunnah wal jama’ah, kajian kitab Bidayatul Hidayah, dan Kitab Fathul Qarib yang rutin ditelaah setiap pekan di Masjid Kampus UINSA Juga disampaikan dan dikaji oleh Achmad Munajib, M.Ag dengan komunitas Muslim di Korea Selatan.
Kepala Pusat Ma’had al-Jami’ah UINSA mengaharapkan agar kegiatan Dakwah di luar negeri ini bisa lancar, barokah dan disertai ridha Allah SWT.