Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Friday, 29 July 2022

Bimtek Administrasi, Menyelaraskan Perspektif Pengelolaan Administrasi Fakultas

Pada hari Jum’at, 29 Juli 2022 diselenggarakan kegiatan bimbingan teknis administrasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai tindak lanjut kegiatan sekolah administrasi tahap I UIN Sunan Ampel Surabaya untuk pejabat baru yang berada di lingkungan kampus. Narasumber kegiatan ini dihadiri oleh Abdullah Rofiq Mas’ud selaku koordinator bidang akademik, Ratna Indriyati selaku koordinator bidang keuangan dan akuntansi, dan Emy Tyartiani selaku koordinator bidang kerjasama, kelembagaan, dan dan humas UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Al-Ghazali tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Bapak Sirajul Arifin. Dekan berpesan bahwa segala ide inovasi kreatif yang berasal dari dosen program studi di FEBI harus selalu berkoordinasi dengan pimpinan dekanat. Seluruh program kerja fakultas harus bersinergi dengan kebijakan rektor yang baru diantaranya 5 pilar kebijakan yakni writers university, pro-poor university, home for Indonesian Islam, entrepreneur university, dan engaged university. Untuk mensinergikan program fakultas dengan kampus, fakultas akan mengembangkan program dengan membentuk pusat studi penelitian, pusat studi pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerjasama, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pengembangan platform digital, dan pengembangan jurnal.

Selain itu, Bapak Sirajul Arifin juga menegaskan kegiatan yang dilakukan mendatang harus berdasarkan desain perencanaan yang sistemik. Kebijakan fakultas mendatang diupayakan untuk mencapai OLOS (One Lecturer One Scopus), OSOS (One Student One Sinta), three minute speech competition, Mandara (Mahasiswa Idaman Juara), GreenUKT (Bayar UKT dengan sampah kertas dan plastik), dan arisan nol rupiah (arisan ilmu tanpa biaya/kajian minggu ilmiah).

Selanjutnya, Bapak Abdullah Rofiq Mas’ud menekankan evaluasi penerimaan mahasiswa baru di FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya. FEBI menjadi salah satu fakultas yang diminati oleh mahasiswa harus selalu menjaga kepercayaan publik atas kepuasan pelayanan yang telah diberikan. Selain itu, Bapak Rofiq juga menekankan pada ketertiban seluruh administrasi mahasiswa di fakultas agar mengacu pada kalender akademik yang telah ditetapkan. Sebagai tambahan, wisuda yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 4 kali, yang dilakukan masing-masing dua kali di semester gasal dan genap.

Selanjutnya, Ibu Ratna Indriyati menjelaskan tentang pengelolaan keuangan secara umum yang harus diperhatikan ketika fakultas maupun program studi akan membuat kegiatan. Kegiatan harus terencana sesuai desain maupun anggaran keuangan yang terukur. Tidak hanya itu, pesan Ibu Ratna menekankan pada dokumentasi bukti pertanggungjawaban belanja harus di arsip secara fisik maupun scan. Dengan demikian, kegiatan yang akan dilakukan prodi maupun fakultas mendatang akan terlaporkan secara akademik maupun keuangan secara ideal. [mij]