Berita
Bersama Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab,FTK,UINSA
wujudkan Pondok Ramadhan di MTsN 1 Surabaya
Pada hari Senin dan Selasa, 18-19 Maret 2024 MTsN 1 Kota Surabaya mengadakan Pondok Ramadhan bagi kelas VII yang bertemakan “Kuatkan Aqidah dan Perbaiki Akhlak, Mantapkan Ibadah”. Pembukaan acara Pondok Ramadhan, Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Bahasa Arab ikut mendampingi siswa dan siswi kelas VII. Pembukaan Kegiatan Pondok Ramadhan dimulai pada pukul 07.40 WIB, yang dibawakan oleh Master of Ceremony Mahasiswa Asistensi Mengajar yakni Dwi Mutiara Jelita dan Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Bahasa Arab yaitu Siti Nurul Hidayah, dilanjut sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana Pondok Ramadhan 2024 yakni Bapak Agus Arif Maulana, S.Pd, sambutan kedua sekaligus pembuka acara oleh Kepala Tata Usaha Bapak Mujianto, S.Hi S.IP, dan ditutup pembacaan doa yg dibawakan oleh Bapak Abdullah Mas’ud, S.Pd.
Pondok Ramadhan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti sholat dhuha berjamaah, belajar baca Qur’an, materi pembelajaran adab dan thaharah, materi sholat, praktek muhadhoroh, tadarus, serta sholat dhuhur berjamaah. Setelah materi pembelajaran agama di kelas, seluruh siswa siswi kelas VII berpindah tempat di Masjid untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu Muhadhoroh yang diikuti dari perwakilan tiap kelas. Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Bahasa Arab juga ikut mendampingi kegiatan Muhadhoroh tersebut. Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Bahasa Arab juga mencatat dan merekap penerimaan zakat berupa beras dan uang yang nantinya akan dibagikan kepada peserta didik yang membutuhkan dan kaum dhuafa di sekitar madrasah.
Kegiatan Pondok Ramadhan kelas VII ini ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah bersama dengan para guru dan Mahasiswa Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Bahasa Arab, serta dilanjut dengan tadarus membaca surat-surat pendek bersama.