Berita

Surabaya, 10 Agustus 2023

Hari ini Kamis, 10 Agustus 2023 digelar Rapat Senat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya di Gedung K.H. Syaifuddin Zuhri, dalam rangka pengukuhan empat Guru Besar, yakni  Prof. Dr. H. Muktafi, M.Ag, Prof. Dr. H. Abdul Kholid, M.Ag, Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag, dan Prof. Dr. Ali Nurdin, M.Si. Rapat senat dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Anggota Senat, dan Undangan baik internal maupun eksternal.

Prof. Dr. H. Muktafi, M.Ag dikukuhkan sebagai guru besar di bidang Teologi Islam menyampaikan pidato pengukuhan dengan tema “Berteologi dalam Bingkai Kemanusiaan”. Prof Muktafi mengutif pendapat Prof. John Cobb  ada tiga tipologi teologi dalam konteks interaksi antar pemeluk agama/golongan lain, yakni teologi ekslusif, teologi inklusif dan teologi pluralis. Teologi inklusif dan pluralis lebih selaras dikembangkan dalam kontek membangun interaksi antar pemeluk agama yang bermuara pada kerukunan, kenyamanan, dan kedamaian.

Sedangkan Prof. Dr. H. Abdul Kholid, M.Ag dikukuhkan sebagai guru besar di bidang Ulumul Qur’an menyampaikan pidato pengukuhan dengan tema “Paradigma Penentuan Validitas Interpretasi al-Qur’an dalam diskurus Madhahib al-Tafsir”. Prof Abdul Kholid menyampaikan parameter keabsahan dan validitas interpretasi dalam berbagai ragam tafsir, baik tafsir bi al-ma’thur, tafsir bi al-ra’yi, tafsir lughawi, tafsir I’tiqadi, tafsir fiqhi, tafsir sufi, tafsir ‘ilmi dan tafsir ijtima’i.

Adapun Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag dikukuhkan sebagai guru besar di bidang Ulumul Qur’an menyampaikan pidato pengukuhan dengan tema “Koalisi atau Kongsi: Koalisi Partai Politik Islam Pada era Reformasi 1999-2024”. Ketiga Guru besar tersebut tercatat sebagai Dosen pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan tambahan ketiga guru besar tersebut, saat ini ada 10 (sepuluh) guru besar di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Prof. H. Abdul Kadir Riyadi, Lc. M.SSc, Ph.D yang juga Anggota Senat Universitas menyampaikan Selamat kepada empat Guru Besar yang dikukuhkan pada hari ini semoga dimudahkan, sukses dan diberkahi dalam berkhidmat dalam skala lebih luas di dunia akademik, keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan aamiin.

Pada bulan Juli 2023 lalu Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel juga mendapatkan tambahan dua doktor baru yakni Dr. Isa Ansori, M.Ag (ketua Jurusan Pemikiran Islam) dan Dr, Ida Rochmawati, M.Fil. I (ketua Program Studi Ilmu Hadits). Keduanya berhasil menyelesaikan studi doctoral (S-3) di Program Studi Dirosah Islamiyah/Islamic Studies di Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel.  Dengan tambahan dua doktor baru tersebut, saat ini jumlah doktor di Fakultas ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel menjadi 43 orang.