Berita

Pendidikan Profesi Guru

Wednesday, 17 August 2022

Berikan Pelayanan Prima Kepada Mahasiswa, Prodi PPG UINSA Menyelenggarakan Workshop Penguatan Kapasitas Guru dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Rabu, 17 Agustus 2022. Program Studi Pendidikan Profesi Guru memberikan pelayanan prima kepada mahasiswanya melalui workshop penguatan kapasitas guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dengan menghadirkan pemateri sesuai dengan bidang studi PPG yang ada di LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG PAI dan Madrasah sejumlah 300 san mahasiswa.

Dalam sambutannya Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. (Dekan FTK/Ketua LPTK) mengatakan bahwa hadirnya perangkat pembelajaran menjadi salah satu instrumen pengukuran secara objektif dalam melakukan kinerja terbaik bapak ibu guru.  Setiap guru harus mampu membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku maka maksimalkan dan ikuti setiap sesi kegiatan dengan sebaik-baiknya ucap Prof.Thohir (Sapaan Akrab beliau). 

Materi terkait pengembangan perangkat pembelajaran dibagi menjadi dua kelas besar yakni kelas khusus untuk pengembangan perangkat pembelajaran Anak Usia Dini (AUD) disampaikan oleh Ratna Pangastuti, M.Pd.I (Kaprodi PIAUD) dan Hernik Farisia, M.Pd.I (Pelatih ahli guru penggerak/penggiat literasi) kemudian kelas PAI, Fiqih, Qur’an Hadits, Akidah Akhlak dan GKMI dipandu langsung oleh Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I (asesor lamdik) dan Uswatun Chasanah, M.Pd.I (Kaprodi PGMI)

Sesi selanjutnya, yakni materi terkait pengembangan bahan ajar oleh Ida Miftakhul Jannah, M.Pd.I (Dosen UINSA), pengembangan media pembelajaran baik berupa manual media maupun media pembelajaran yang berbasis elektronik/media berbasis teknologi oleh Juhaeni M.Pd.I (Sekprodi PPG/content creator media pembelajaran di sarthi media) dan materi terakhir terkait Desain Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) disampaikan oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I (Kaprodi PPG)

Workshop diakhiri dengan sesi tanya jawab, peserta sangat antusias untuk berdiskusi terkait pengembangan perangkat pembelajaran dan seluruh pemateri mendampingi peserta dari awal kegiatan sampai penutupan. [Aini]