Berita

BERBAGI PENGALAMAN INTERNASIONALISASI DENGAN UIN IMAM BONJOL PADANG

Pada hari Rabu, 13 Desember 2023, tim Kantor Internasional, Tim Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas, dan tim Pusat Penerimaan mengundang perwakilan dari UIN Imam Bonjol. Kunjungan ini dilakukan di ruang rapat Wakil Rektor 3 dengan tujuan untuk bertukar pengetahuan dan praktik terbaik tentang pengelolaan kantor internasional, percepatan internasionalisasi lembaga akademik, dan penarikan mahasiswa asing.

Maulana Assegaf dan Fitriah Asad, yang mewakili tim Kantor Internasional, memberikan gambaran komprehensif tentang semua proyek dan program yang telah dilaksanakan untuk mendukung internasionalisasi. Diskusi interaktif memfasilitasi pertukaran ide dan strategi yang produktif, memperkuat internasionalisasi. UIN Imam Bonjol dan UIN Sunan Ampel sama-sama menegaskan komitmen mereka yang teguh untuk mempromosikan lingkungan akademik yang beragam budaya dan terhubung secara global. Komitmen kami terhadap internasionalisasi berasal dari keyakinan bahwa memperkenalkan mahasiswa dan dosen pada berbagai perspektif, ide, dan praktik budaya meningkatkan pengalaman pendidikan mereka secara keseluruhan.

Fitriah memberikan gambaran tentang tiga program yang baru diluncurkan—Pengkajian Jawa Timur, Pencairan Budaya UINSA, dan Pemuda Camp, sebagai contoh—yang memiliki potensi untuk menarik mahasiswa asing dengan cepat. Ketiga program ini memiliki kapasitas untuk mempromosikan kerjasama dan pertukaran lintas budaya antara guru dan siswa. Penting untuk diingat bahwa program-program asing yang direncanakan harus memiliki tujuan yang ditentukan dan dapat digunakan untuk mendukung akreditasi fakultas. Untuk alasan ini, kurikulum harus memungkinkan berbagai fakultas, dan topik yang dicakup harus relevan dengan bidang studi. Meskipun upaya UINSA masih jauh dari sempurna, kami antusias untuk terus belajar dan mengembangkan program ini dalam hal fasilitas, sumber daya, kualitas program, dan elemen lain yang mendukung keberhasilan internasionalisasi. Namun, UINSA siap menerima mahasiswa asing baik untuk program berjenjang maupun non-program berjenjang.

Komitmen kami melampaui batas nasional saat kami merangkul kemitraan dengan lembaga lain, seperti UIN Imam Bonjol. Kami bersemangat untuk menjalin hubungan yang langgeng, mempromosikan pembelajaran lintas budaya, dan lebih lanjut dalam pencarian pengetahuan komunitas global saat kami melangkah maju dalam petualangan ini. Bersama-sama, mari bangun sistem pendidikan unggul untuk masa depan negara. (FA)