Berita

BANK SAMPAH FEBI UINSA GELAR PENGABDIAN DESA BINAAN DI PASURUAN

UINSA Newsroom, Senin (04/12/2023); Pada tanggal 30 November-3 Desember 2023 telah dilaksanakan pengabdian desa binaan di Desa Ambal Ambil Kec. Kejayan Kab. Pasuruan. Kegiatan ini diadakan Bank Sampah Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Pengabdian Desa Binaan ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan rentang waktu 6 pekan secara terpisah. Pada pekan pertama, pengabdian desa binaan diawali dengan kegiatan sosialisasi tentang jenis dan pengelolaan sampah pada tanggal 1-2 Desember 2023. Hadir dalam sosialisasi ini, Kepala Laboratorium FEBI UINSA, Ajeng Tita Nawangsari, S.E., M.A., Ak serta Direktur Utama Bank Sampah Syariah, Eka Nur Wahyu Safitri Ramadhani sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut.

Selain itu, dalam pekan awal, bank sampah syariah bersama GIAT dan Sarinah sebagai komunitas pemuda pemudi di Desa Ambal Ambil berkolaborasi dalam pembagian wadah sampah serta buku tabungan sampah. Disusul pada tanggal 3 Desember 2023 dilaksanakan pembuatan bak sampah pusat sebagai tempat penampungan sampah terakhir dan terpilah.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat setempat dapat memahami berbagai jenis sampah dan mendapatkan keuntungan dari hasil mengelola sampah sehingga dapat menggerakkan perekonomian melalui pemanfaatan limbah sampah,” terang Ajeng.

Sebagai informasi, secara geografis Desa Ambal Ambil mempunyai luas wilayah 938,215 Ha dengan batas-batas wilayah yaitu sebelah utara Desa Linggo, sebelah selatan Desa Kedemungan, sebelah barat Desa Wrati, Sebelah Timur Desa Klangrong, Wilayah Kec. Kejayan Kabupaten Pasuruan. Dan pembagian wilayah Dusun di Desa Ambal Ambil terbagi menjadi 4 (Empat) wilayah dusun yaitu Dusun Krajan yang terdiri dari 3 RW 9 RT, Dusun Wragang yang terdiri 1 RW 2 RT, Dusun Rawi Timur yang terdiri 1 RW 3 RT, Dusun Rawi Barat yang terdiri 2 RW 6 RT.

Sedangkan secara Demografis, Desa Ambal Ambil merupakan wilayah dengan kondisi alam perbukitan, terasering. Dalam pemanfaatan dan penggunaan lahan yang ada di wilayah Desa Ambal Ambil adalah tanah sawah dengan luas 374,053 ha, sedangkan tanah kering seluas 24,662 ha, tanah tegalan seluas 128,585 ha, tadah hujan seluas 27,576 ha, kuburan seluas 1,5 ha dan irigasi teknis seluas 217,892 ha. Desa Ambal Ambil memiliki jumlah penduduk 4456 jiwa yang terdiri dari laki-laki 2034 jiwa dan perempuan 2422 jiwa.

Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: Rian