Berita

Surabaya – Pekan audit mutu internal di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah berlangsung, termasuk juga di Prodi Matematika pada hari Jumat, 6 Oktober 2023. Prof. Dr. Nur Kholis, salah satu auditor LPM, ditugaskan untuk mengevaluasi ketercapaian standar di Prodi Matematika. Audit ini mengecek ketercapaian tiga standar yaitu: Standar Implementasi Integrated Twin Towers Dalam Pembelajaran, Standar Implementasi Integrated Twin Towers Dalam Penelitian, dan Standar Implementasi Integrated Twin Towers Dalam Pengabdian.

Hasil audit menunjukkan bahwa sebagian besar standar dalam pembelajaran belum sepenuhnya terpenuhi. Salah satu temuan utama adalah bahwa tidak tercapainya standar pembelajaran yang mengharuskan dosen menuliskan dasar ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Termasuk juga dosen kesulitan kontekstualisasi ayat AlQur’an dalam setiap kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tertuang dalam seluruh dokumen proposal kegiatan dan laporan
kegiatan pengabdian. Dalam konteks ini, diperlukan upaya perbaikan yang serius untuk memastikan bahwa prodi Matematika memenuhi standar yang ditetapkan. Salah satunya, terbit rekomendasi agar RPS perlu dikonsultasikan terkait muatan integrasi ayat/hadis kepada dosen dengan background Pendidikan Agama Islam.

Prof. Dr. Nur Kholis mengomentari hasil audit ini, “Sangat penting bagi Prodi Matematika untuk mematuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Kami mengidentifikasi beberapa kelemahan dalam pemenuhan standar di Prodi Matematika, terutama dalam hal integrasi pengetahuan agama dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Diperlukan langkah-langkah konkrit dan komitmen untuk mengatasi masalah ini agar program studi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikannya.”

Kaprodi Matematika, Yuniar Farida, M.T., merespon, “Kami menghargai hasil audit yang objektif ini dan akan bekerja sama dengan staf, dosen, dan mahasiswa untuk memastikan bahwa masalah-masalah ini segera diatasi. Ini adalah langkah pertama menuju perbaikan yang signifikan dalam mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian di Prodi Matematika.”.