Berita
Para Asesi sedang melakukan Ujian Tertulis

Surabaya, Januari 2024. Kegiatan Uji Kompetensi LSP Skema Analisis Keamanan Pangan telah selesai dan sukses dilaksanakan oleh leh LSP UINSA yang bekerja sama dengan Lab FST UINSA yang bertempat di beberapa Laboratorium terbaik di Lab FST UINSA. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UINSA merupakan Lembaga penyelenggara Sertifikasi Kompetensi Profesi. LSP UINSA menawarkan beberapa skema uji yang dapat diikuti oleh mahasiswa UINSA salah satunya adalah skema Analisis Keamanan Pangan. Sebagai bentuk pelayanan prima, InoverseLab FST UINSA turut serta berkolaborasi dengan LSP UINSA sebagai TUK Tempat Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi. Keberhasilan dari terselenggaranya Uji Kompetensi Skema Analisis Keamanan Pangan tidak lepas dari peran para Asesor yang sangat kompeten dan telah tersertifikasi sebagai asesor, Ibu Eva Agustina, M.Si., dan Ibu Hanik Faizah, M.Si.

Uji Kompetensi Analisis Keamanan Pangan adalah proses pengukuran dan penilaian untuk pemenuhan Standar Kompetensi pada setiap jenjang Jabatan Fungsional Analis Ketahanan Pangan. Uji kompetensi ini bertujuan untuk menjamin kualitas dan profesionalisme para analis keamanan pangan yang berperan dalam pengawasan, penelitian, dan pengembangan kebijakan terkait keamanan pangan. Uji kompetensi ini dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi yang berwenang, seperti LSP UINSA.

Para asesi turut melakukan sesi hands-on atau praktik sebagai syarat kelulusan Uji Kompetensi

Lebih lanjut, Dekan FST UINSA, bapak Dr. A. Saepul Hamdani, M. Pd., turut memberikan statement terkait pelaksanaan Uji Kompetensi LSP UINSA, “Kami mengucapkan Terimakasih kepada Bapak Prof. Dr. Akhmad Muzakki, Grad Dip., SEA., MAg., M.Phil., PhD., selaku Rektor UINSA dan Ketua LSP UINSA, bapak Yusuf Amrozi, M. MT., yang telah memberikan kesempatan mahasiswa FST UINSA untuk menjadi peserta dalam uji kompetensi ini. Dengan begitu, kami akan memiliki record mahasiswa berkompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat profesi”.

Terdapat beberapa fokus dalam Uji Kompetensi Skema Analisis Keamanan Pangan diantaranya:

  1. Melakukan Penetapan Total Mikroba dengan metode Total Plate Count
  2. Melakukan Isolasi Mikroba Patogen
  3. Melakukan Analisis Mikroba Patogen
  4. Melakukan Pengamatan Mikroba Secara Mikroskopis
  5. Melakukan Uji Sanitasi Ruangan dan Peralatan
  6. Melakukan Uji Kontaminasi Logam Pada Sampel Pangan Menggunakan Detektor Logam
  7. Melakukan Uji Kualitas Air untuk Proses Produksi Secara Fisika dan Kimia
  8. melakukan Uji Kualitas Air Secara Mikrobiologi 
  9. Mengidentifikasi Mikroba Patogen
  10. Melakukan Uji Daya Desinfektan
  11. Melakukan Uji Kualitatif Bahan Kimia Beracun Pada Kegiatan Inspeksi Pangan
  12. Melaksanakan Analisis untuk Menentukan Umur Simpan Pangan

Para peserta uji kompetensi merupakan Asisten Laboratorium Prodi Biologi FST UINSA yaitu

  1. Wifaqwudd Az-Zahra Rifti (Faculty Laboratory Assistant
  2. Mufidur Rohman (Microbiology and Marine Biotechnology)
  3. Ade Syafira Fatau (Faculty Laboratory Assistant)
  4. Firda Aulia Savira (Basic Chemistry Laboratory)

Inoverselab FST UINSA selalu menjadi garis terdepan dalam memberikan bantuan maksimal dan fasilitas laboratorium yang lengkap. Adanya Kegiatan ini Inoverselab FST UINSA berharap dengan memiliki sertifikat kompetensi, para asesi akan memiliki nilai tambah dalam dunia kerja.

Sekali lagi Selamat Kepada teman-teman Aslab FST UINSA yang telah selesai mengikuti Uji Kompetensi Skema Analisis Pangan.