Berita

@Pendidikan Bahasa Inggris

Friday, 27 May 2022

Akhiri Bulan Mei, Prodi PBI Lanjutkan RDF dengan English for Specific Purposes in Islamic Universities: Challenges and Solutions

Melanjutkan keberlangsungan program rutin bulanan, Prodi PBI menyelenggarakan Research Discussion Forum (RDF) pada Jumat (27/5). Pada RDF kali ini, Prof. Dr. Mohamad Salik, M.Ag yang merupakan ketua jurusan pendidikan bahasa menjadi narasumber. English for Specific Purposes in Islamic Universities: Challenges and Solutions merupakan topik yang dibagikan oleh Prof. Salik pada para peserta RDF.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Dr. Saiful Jazil, M.Ag dan dipandu oleh moderator Bapak Drs.Muhtarom, Grad.Dip.TESOL. Pada awal pemaparannya, Bapak Prof Salik menjelaskan beberapa terminologi umum English for Specific Purposes (ESP) dan memaparkan beberapa pengertian yang berbeda.

Dalam presentasinya, Prof Salik menerangkan ada beberapa karakteristik atau citi-ciri ESP di perguruan tinggi islam. Pertama dalah dari kata-kata berbahasa Arab yang digunakan seperti Allah, Hijrah, Sholat, Sufi, and so on. Kedua, cirinya dapat terlihat dari terjemahan kata dari istilah islam seperti God-fearing yang berarti Taqwa, Rightous (Shaleh), Peace be upon Him (Shallalahu Alaihi Wa Sallam). Ablution (Wudhlu), etc. Ketiga, penggunaan kata-kata berbahasa inggris kuno  dalam terjemahan Al-Quran seperti thou, thy, dan behold. Keempat, istilah adalam filosofi seperti morals, ethics, hadits, dan lain sejenisnya.

Lanjut, narasumber memaparkan beberapa masalah yang ditemui terkait aspek teknis, aspek psikologis, dan aspek bahasa. Aspek teknis meliputi besarnya kelas, tidak cukupnya pertemuan dan frekuensi, dilema variasi matakuliah. Sedangkan aspek teknis meliputi dampak jangka panjang akibat pengajaran sekolah menengah yang kurang, anggapan ESP bukan prioritas, tidak adanya umpan balik pada tugas membaca, dosen-dosen sendiri tidak menggunakan referensi berbehasa Inggris, asumsi yang salah terkait penguasaan bahasa Inggris, dan juga adanya layanan terjemahan. Pada aspek bahasa meliputi ketidakcukupan bahasa Inggris dasar pada SMP dan SMA, keharusan penguasaan bahasa Indonesia, dan masih seringnya siswa mengintip kamus pada saat membaca. Sebelum menginjak diskusi dan tanya jawab, Prof. Dr. Salik memberikan beberapa solusi atas permasalahan yang dipaparkan. Keseluruhan kegiatan RDF berlangsung dari pukul 9.00 hingga pukul 11.00.