Berita

AJANG PENGEMBANGAN MINAT BAKAT PRAMUKA MELALUI OPREC ANGGOTA

UINSA Newsroom, Senin (13/03/2023); KegiatanOpen Recruitment Unit Pengembangan UKK (Unit Kegiatan Kampus) Pramuka UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berlangsung sukses pada 11-12 Maret 2023. Digelar di Ruang Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, kegiatan ini dihadiri tamu racana bersama dewan racana beserta jajaran sebagai reka kerja penyukses acara. Turut hadir dalam kegiatan ini, Muhammad Bagus selaku Pembina Pramuka UINSA Surabaya serta memberikan sambutan pembuka dan penutup acara.

Open Recruitment Unit Pengembangan ini hadir sebagai salah satu wadah untuk menggali minat bakat tamu racana dengan pembekalan materi sehingga peserta mengetahui unit manakah yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Beberapa unit tersebut diantaranya adalah MAE Multimedia, Brigade Protokoler, dan Mountainering Adventure yang dipaparkan pada hari pertama. Medical Scout, dan Majesty of Art yang dipaparkan pada hari kedua.

Setelah selesainya pembukaan acara, para peserta mengikuti rangkaian acara selanjutnya, yaitu pemberian materi yang dibawakan narasumber dari masing-masing unit. Antara lain dari Unit MAE Multimedia yang dibawakan Kak Rian, Unit Brigade Protokoler yang dibawakan Kak Nadiya Najma, Unit Mountaineering Adventure yang dibawakan Kak Burhan, Unit Medical Scout yang dibawakan kak Ninin, serta Unit Majesty of Art yang dibawakan Kak Baidowi.

Suasana yang sangat antusias terlihat dari para peserta ketika mereka menerima motivasi yang diberikan beberapa kakak-kakak pembicara, diantaranya Kak Rian dengan motivasinya “Ikut pramuka memang bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari Pramuka,” ujar Kak Rian.

Selain itu, Kak Baidowi juga mengatakan, “Seni adalah suatu keindahan, dan semua yang kita lihat di dunia ini adalah seni (indah),” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, peserta juga diberi kesempatan untuk praktek dan mengekspresikan diri. Baik di ruangan maupun lapangan sehingga peserta tidak merasa jenuh ketika pemberian materi berlangsung. Shofi Nur Faizah, salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini merasa antusias karena dapat menambah wawasan mengenai Unit Pengembangan Kepramukaan yang ada di UINSA. “Gak nyesel aku melu Pramuka,” sahutnya.

Setelah berakhirnya sesi pemberian materi, peserta dipersilahkan menghadap koordinator dari masing-masing unit untuk melakukan wawancara. Dilanjutkan upacara penutupan dengan dibacakannya hasil keputusan recruitment.

“Semoga dengan hasil recruit yang telah disepakati, tamu racana dapat aktif berpartisipasi di Pramuka UINSA dan bisa membawa nama Pramuka UINSA menjadi lebih baik lagi,” ujar Fahmi, Ketua UKM Pramuka.