Column UINSA
orami.co.id

 Lesung pipi merupakan cekungan kecil pada salah satu atau kedua pipi yang terbentuk secara alami, tetapi juga bisa dibuat dengan operasi. Banyak orang mengatakan bahwa lesung pipi membuat wajah terlihat lebih manis dan memiliki daya tarik sendiri. Keberadaan lesung pipi dapat bersifat sementara atau selamanya. Beberapa orang ada yang memiliki lesung pipi sejak lahir, lalu memudar saat menginjak usia dewasa. Terkadang, lesung pipi baru muncul seiring bertambahnya usia atau setelah mengalami cedera pada otot wajah (Agustin, 2021).

Bagaimana bisa terjadi lesung pipi?

     Lesung pipi bisa dikatakan ketidaksempurnaan otot. Pada wajah terdapat beberapa otot. Salah satunya adalah otot zygomaticus utama (zygomaticus major muscle) yang membentang mulai dari kedua rahang sampai ke ujung bibir. Pada orang tanpa lesung pipi, otot zygomaticus major memanjang dari tulang pipi hingga sudut mulut. Sedangkan, pada orang dengan lesung pipi, ujung otot zygomaticus major yang berada di sudut mulut terbagi menjadi dua. Saat tersenyum atau tertawa, otot di ujung bibir juga ikut tertarik. Tetapi untuk beberapa orang, otot zygomaticus utama menempel di pipi. Hal ini menyebabkan ketika tersenyum, otot zygomaticus utama akan menarik kulit pipi ke dalam dan menyebabkan terbentuknya lekukan kecil dan muncul lesung pipi (Agustin, 2021).

     Ternyata, lesung pipi ada yang buatan juga. Proses pembuatan lesung pipi ini dinamakan dimpleplasty. Tujuan dimpleplasty adalah membuat sayatan luka kecil di bagian dermis kulit yang melekat pada otot di bawahnya sehingga membentuk lesung pipi yang terlihat alami (Fitria, 2022).

SUMBER REFERENSI

Agustin, S. (2021). Lesung Pipi, Kelainan yang Membuat Wajah Terlihat Manis dan Menarik. https://www.alodokter.com/lesung-pipi-kelainan-yang-bisa-mempermanis-wajah. Diakses pada 3 Juni 2022.

Fitria, L. (2022). Mengenal Dimpleplasty, Operasi bagi Kamu yang Ingin Punya Lesung Pipi. https://www.kompas.com/parapuan/read/533119309/mengenal-dimpleplasty-operasi-bagi-kamu-yang-ingin-punya-lesung-pipi. Diakses pada 3 Juni 2022.