Berita

Rabu, 05 Oktober 2022 – Dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022 oleh HIMAPTIKA dengan tema “Optimizing Writing Skills in Scientific Papers“. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Haflah Miladiyah Ke-XV. Kegiatan dihadiri oleh segenap jajaran jurusan Pendidikan MIPA dan juga jajaran Prodi Pendidikan Matematika beserta peserta sejumlah 250 orang dari mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Pembicara dari kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022 ini adalah Sovia Rahmania Warda, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Nasional Kegiatan Diploma, mahasiswi dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Sedangkan moderatornya adalah Ahmad Shihabudin, Mahasiswa Teknik Informartika UNESA 2020 dan juga merupakan peraih lebih dari 20 kejuaraan ilmiah.

Ketua Pelaksana memberikan sambutan terkait dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022 ini yaitu untuk memeriahkan kegiatan Haflah Miladiyah Ke-XV selain itu pemilihan tema tema “Optimizing Writing Skills in Scientific Papers” ini adalah terkait dengan bagaimana untuk bisa menulis dengan baik.

Ketua himaptika yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Amsal Kautsar, menyampaikan bahwa kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022 adalah salah satu program kerja dari pengembangan dan penelitian berkoordinasi denagn Haflah Miladiyah dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan dari Haflah Miladiyah. Dari kegiatan ini diharapkan bermanfaat untuk penulisan karya ilmiah, karena peserta Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022 bisa sharing dengan narasumber terkait dengan penulisan Karya Tulis Ilmiah, pengalaman-pengalaman saat perlombaan, serta kiat-kiat menjadi mahasiswa berprestasi dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Ketua Prodi Matematika,Dr. Sutini, M.Si., berpesan kepada para peserta Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah 2022  untuk memperoleh info sebanyak-banyaknya terkait dengan cara belajar bagaimana kiat-kiat menembuus kegiatan Karya Tulis Ilmiah Nasional maupun Internasional. Beliau jg mengucapkan mohon maaf dan minta juga masukan saran sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah berikutnya.  “Sukses untuk panitia seminar nasional” ucap beliau mengakhiri sambutannya

Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, Dr. Siti Lailiyah, M.Si., kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun HIMAPTIKA Ke-XV. Beliau berpesan bahwa Karya Tulis Ilmiah sangat penting, untuk mahasiswa, dosen, terutama mahasiswa yang merupakan calon guru. Di semester akhirpun mahasiswa akan menuliskan Karya Tulis Ilmiah dalam bentuk skripsi ataupun ada beberapa mahasiswa yang akan menuliskan artikel penelitian baik penelitian ketika PLP maupun skripsi. Kegiatan ini juga bermanfaat buat yang akan kuliah lagi karena penulisan/publikasi adalah prasyarat kelulusan. Bagi guru, calon guru, dosen sendiri yang namanya tri dharma dimana salah satu aspek tridharma adalah penelitian dimana setiap penelitian akan ada laporan yang kita tulis dari hasil penelitian tersebut.

Sovia Rahmania Warda, sebagai narasumber merupakan mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, jurusan D4 Teknik Desain dan Manufaktur. Sovia berbagi pengalaman terkait dengan perlombaan-perlombaan terkait dengan Karya Tulis Ilmiah yang sudah diikuti sejak 6 tahun lamanya mulai dari tahun 2016, hingga sekarang bsia menjadi juara 2 mahasiswa berprestasi nasional kategori diplomat di tingkat nasional tahun 2021. Sovia juga membagikan pengalamannya terkait dengan cara-cara bisa menembus perlombaan dan bisa menulis Karya Tulis Ilmiah hingga menjadi mahasiswa berprestasi.