Berita

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya membuka bulan Oktober ini dengan mengadakan Tahsinul Lughoh yang berlangsung pada hari Sabtu dan Ahad, tanggal 1-2 Oktober 2022. Tahsinul Lughoh merupakan kegiatan prodi yang diadakan setiap satu tahun sekali pada awal perkuliahan tahun ajaran baru. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2022 dengan peserta sejumlah 105 mahasiswa. Panitia yang berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini adalah sejumlah mahasiswa yang merupakan anggota HMP PBA (Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab) angkatan 2020 dan 2021.

Kegiatan Tahsinul Lughoh 2022 ini bertemakan “تطبيق معارف اللغة العربية لتحقيق التضامن التكنوقراطي بالحركة الطلابية المتقدّمة والمتطوّرة والمرونة” yaitu Pendayagunaan Wawasan Pendidikan Bahasa Arab untuk Mewujudkan Solidaritas Teknokrasi Pergerakan Angkatan yang Progresif, Dinamis, dan Taktis. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Arab baik dari segi pendengaran, pembicaraan, bacaan dan tulisan, serta untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam masa perkuliahan.

Sebelum kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu, penampilan tari saman dari mahasiswa PBA mengawali kegiatan ini. Kegiatan ini dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang diwakili oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, M.Pd, M.Pd.I dan didampingi oleh Naufaldi Alif ER Mubarok selaku Ketua Pelaksana Tahsinul Lughoh 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al-quran oleh Muhammad khulaifil abror dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Di akhir kegiatan pembukaan Tahsinul Lughoh 2022 tersebut tidak lupa panitia mengambil dokumentasi foto bersama dengan jajaran Prodi Pendidikan Bahasa Arab, tamu undangan HMP dan seluruh peserta Tahsinul Lughoh 2022.

Setelah pembukaan selesai pada pukul 09.00 WIB, selanjutnya adalah pengisian materi. Terdapat enam bidang materi yang akan dikaji dalam kegiatan tersebut. Pada hari pertama (Sabtu, 1 Oktober 2022), terdapat tiga materi dan tiga materi lagi pada hari kedua. Materi yang pertama adalah materi “Bedah Tema” yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Tahsinul Lughoh 2022, Naufaldi Alif ER Mubarok dan didampingi oleh Yasmin Firda Amalia sebagai Moderator. Materi pertama ini membahas secara spesifik tentang tema Tahsinul Lughoh 2022 yaitu Pendayagunaan Wawasan Pendidikan Bahasa Arab untuk Mewujudkan Solidaritas Teknokrasi Pergerakan Angkatan yang Progresif, Dinamis, dan Taktis.Materi kedua adalah mengenai “Antropologi Kampus” yang disampaikan oleh Ketua HMP PBA periode 2020-2021 yaitu Azmi Abid Ulanuha, S.Pd dan didampingi oleh Lailatul Maghfiroh sebagai moderator. Pada materi kedua ini, pemateri menjelaskan bahwa antropologi kampus mempelajari tentang kehidupan, budaya dan segala sesuatu yang ada di kampus dengan harapan mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan. Dan materi yang ketiga adalah materi “Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan” yang disampaikan oleh Zein Auliaur Rahman, S.Pd. dan didampingi oleh Tadarrosatul Hikmiyah sebagai moderator. Dalam materi ini mahasiswa diajarkan tentang bagaimana memanage dan mengorganisir suatu kegiatan dan organisasi yang baik.

Kemudian materi yang keempat, dilanjutkan pada hari kedua (Ahad, 2 Oktober 2022) yaitu tentang “Pengantar Filsafat Dasar” yang disampaikan oleh Ahmad Rifki, S.Pd. dan didampingi oleh Lailatul Hana Maftuhah sebagai moderator. Materi ini membahas tentang dasar-dasar filsafat, tokoh-tokoh filsafat dunia, mengapa harus belajar filsafat, dan filsafat bahasa. Selanjutnya materi yang kelima adalah tentang “Ontologi Pendidikan Bahasa Arab” yang disampaikan oleh Shavira Tasya Putri Oetomo, S.Pd. dengan didampingi oleh Mayada Dina Aulia sebagai moderator. Materi ini membahas tentang apa saja yang berhubungan dengan Pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dan materi yang terakhir adalah materi tentang “Kebahasaaraban” yang disampaikan oleh Achmad Afiq Abror, S.Pd. dan didampingi oleh Afidhotul Nur Azizah sebagai moderator. Pada materi kebahasaaraban ini, mahasiswa diajarkan tentang empat keterampilan bahasa yang wajib dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yaitu keterampilan mendengar (maharah al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca (maharah al-qiraah), dan keterampilan menulis (maharah al-kitabah).

Pada setiap materi, panitia membuat inovasi baru dengan diadakannya pretest sejumlah 20 soal sebelum materi disampaikan, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa PBA mengenai materi tersebut. Dan postest untuk mengetahui capaian tingkat pemahaman mahasiswa dalam mengikuti kegiatan Tahsinul Lughoh 2022. Dengan diadakannya kegiatan Tahsinul Lughoh 2022 diharapkan mahasiswa baru angkatan 2022 prodi Pendidikan Bahasa Arab UINSA Surabaya memiliki bekal untuk melaksanakan perkuliahan baik dari segi akademik maupun non-akademik dengan baik.