Berita

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya  baru saja melaksanakan Yudisium ke-26 di Aula Lt. 5 Gedung Fisip Uinsa Kampus Gunung Anyar Surabaya, Rabu (15/02/2023). Acara resepsi Yudisium ke-26 diikuti oleh 99 mahasiswa yang terdiri dari 28 mahasiswa Program Studi Ilmu Politik, 24 mahasiswa Program Studi Sosiologi dan 47 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional.

Menurut Wakil Dekan I Fisip Uinsa, Iva Yulianti Umdatul Izzah mengatakan, bahwa Yudisium ke-26 merupakan prestasi sekaligus rekor bagi Prodi Hungan Internasional karena menjadi program studi terbanyak meluluskan mahasiswa. “ jumlah wisudawan priode ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan sebelumnya, terutama bagi HI yang meluluskan 47 mahasiswa” terangnya.

Sebelumnya, Dekan Fisip, Abd Chalik, dalam acara Yudisium ke-26 mengatakan, bahwa jumlah wisudawan ke-26 menyerupai jumlah nama-nama Allah di dalam Al-Qur’an yang juga berjumlah 99. Jumlah tersebut dianggap memiliki makna kemuliaan. Oleh karenanya, dirinya berkeyakinan lulusan fisip akan menjadi lulusan yang diberkahi dan memiliki daya saing, baik secara skils maupun kompetensi yang sesuai dengan bidang keilmuan di tiga prodi HI, IP dan Sosiologi.

“lulusan fisip harus menjadi petarung dan pemenang di tengah kehidupan  masyarakat, dan, jadilah sarjana yang ditunggu dan dirindukan keberadaannya oleh lingkungan sekitar atau masyarakat luas” jelasnya.

Selain itu, Abd Chalik menyebutkan bahwa status seseorang yang diberi gelar sarjana, di pundaknya akan diuji oleh realitas kehidupan yang penuh tantangan sekaligus peluang. Menurutnya realitas kehidupan yang akan datang dipenuhi tantangan dan peluang. “tinggal memilih apakah akan kalah dengan tantangan, atau justeru menjadi pemanang, dengan menjadikan tantangan sebagai peluang” terangnya.

Sekedar untuk diketahui, bahwa pada acara Yudisium ke-26, Fisip menganugerahkan wisudawan terbaik kepada Annisa Riskia Ahmad, mahasiswa Prodi Sosiologi yang mendapat predikat Cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.82.

Sementara itu, Annisa Riskia yang terpilih sebagai wisudawan terbaik mengatakan, dirinya bersyukur dan bangga menjadi wisudawan terbaik pada Yudisium ke-26 Fisip. Dalam sambutannya Annisa Rizkia menyampaikan ucapan terimakasih kepada civitas akademik Fisip, Prodi Sosiologi, serta dosen-dosen yang telah mengajarkan banyak pengalaman dan ilmu selama masa studi.

“terimakasih kepada fisip dan para dosen yang telah mengantarkan saya pada pencapaian yang luar biasa ini, banyak pengalaman menarik yang saya peroleh selama masa studi di fisip” jelasnya.

Menurut Annisa Rizkia, bahwa pencapaian yang ia raih saat ini tidaklah semata karena usaha dan kerja keras yang dilakukannya selama ini, melainkan, juga karena dorongan do’a kedua orang tua, bimbingan dosen, motivasi dari teman seperjuangan dan dukungan tangan-tangan baik orang-orang di sekilingnya.

“saya bersyukur karena banyak pihak yang mendukung saya, mulai dari orang tua, dosen, teman atau sahabat, dan tangan-tangan baik orang-orang di sekeliling saya”  

Sementara itu, dalam wawancara terpisah, Ketua Program Studi  Sosiologi, Dwi Setyaningsih, mengucapkan selamat kepada Annisa Rizkia telah menjadi mahasiswa terbaik di Yudisium ke-26 Fisip Uinsa. Menurutnya pencapaian menjadi wisudawan terbaik harus dijadikan bekal untuk memotivasi diri agar lebih berkembang untuk mencapai prestasi lainnya di masa yang akan datang.

“Selamat dan sukses kepada Annisa Rizkia, saya berpesan, agar tidak puas diri dengan capaian ini, dan harus terus berusaha mengejar mimpi untuk masa depan yang lebih baik” jelasnya.

(umam)